Perubahan Iklim Cairkan Gletser Bhutan, 'Tsunami di Langit' Bisa Kapan Saja

Senin, 03 Agustus 2020 - 11:53 WIB
loading...
Perubahan Iklim Cairkan Gletser Bhutan, Tsunami di Langit Bisa Kapan Saja
Pemanasan global memicu pencairan gletser di Bhutan. Foto/Jack Board/Channel News Asia
A A A
THIMPHU - Jauh di pegunungan di utara Bhutan, gletser kuno menandai lanskap yang menakjubkan dan halus. Lansekap ini istimewa, dikelilingi mitos dan misteri.

Ini adalah tanah yang masih asli, sebagian besar tidak tersentuh oleh manusia. Konservasi berbasis budaya telah bertahan di sini.

Puncak tertinggi di kawasan ini tidak pernah ditingkatkan oleh manusia, juga danau-danau indahnya tidak terganggu. Ini karena rasa hormat—penduduk setempat percaya bahwa gunung, danau, dan gletser adalah dewa, yang harus dihormati dan ditakuti.

Namun dampak dari emisi global buatan manusia secara perlahan menghancurkannya. Naiknya suhu sebagai akibat dari perubahan iklim mempercepat laju pencairan gletser di dataran tinggi Bhutan. Dalam keheningan gunung, sekarang, bahaya tampak—pembunuh yang bisa melepaskan bahaya setiap saat.

Untuk beberapa gletser, tingkat retreat tahunan mencapai 35 meter, memberi makan sejumlah besar air ke danau di sekitarnya. Risiko runtuhnya danau-danau ini—dalam sebuah fenomena yang dikenal sebagai banjir letupan danau glasial atau GLOF—membuat seluruh negara gelisah.

“Dengan pemanasan global, gletser mencair dan sumber daya air kita bergerak lebih cepat ke hilir. Kami menyebutnya tsunami di langit, yang dapat datang kapan saja," kata Karma Drupchu, direktur nasional Pusat Nasional Hidrologi dan Meteorologi (NCHM).

“Segala bentuk pelanggaran akan menghasilkan banjir besar yang datang ke sungai. Ini akan memiliki konsekuensi besar karena lebih dari 70 persen permukiman Bhutan berada di sepanjang lembah sungai ...tidak hanya hilangnya nyawa, tetapi juga kerugian ekonomi yang sangat besar," katanya lagi. (Baca: Pemanasan Global, Lapisan Es di Greenland dan Antartika Terus Menipis )

Analisis oleh NCHM telah mengidentifikasi 2674 danau glasial, di mana 17 di antaranya dikategorikan berpotensi berbahaya. Pencairan lebih lanjut yang lebih cepat dari 700 gletser individu di negara itu berarti lebih banyak danau sedang terbentuk dan bahaya bagi populasi dan infrastruktur negara tersebut meningkat.

Bhutan adalah satu-satunya negara negatif karbon di dunia dan mengambil perannya dalam mencegah perubahan iklim global dengan serius. Konstitusi negara tersebut mengamanatkan perlindungan lingkungan dan industri yang menguntungkan secara ekonomi tetapi merusak lingkungan telah ditolak demi konservasi.

Tetapi beban perubahan iklim telah tiba terlepas dari perlawanan negara kecil ini. Bagi Perdana Menteri Lotay Tshering, dampak pada gletser adalah beban fisik dan spiritual yang harus ditanggung Bhutan.

“Ini sangat mengkhawatirkan kami karena dari sudut pandang spiritual, itu bukan hanya genangan air. Secara spiritual, kami percaya bahwa ada kehidupan di dalamnya, kami menghargai itu dan secara lingkungan itu adalah fakta bahwa kami kehilangan gletser karena pemanasan global," katanya kepada CNA dalam wawancara eksklusif yang dilansir Senin (3/8/2020).

"Kami berada di bawah ancaman konstan dan itu adalah bagian yang paling tidak adil."

"Gletser yang hilang, hilang selamanya. Berapa banyak nyawa, bukan hanya manusia, tetapi kehidupan lain bergantung pada itu? Bukan hanya negara dan ekonomi tetapi seluruh siklus hidup akan hancur. Tetapi segera dalam generasi mendatang mungkin tidak ada danau yang akan pecah. Itu akan menjadi bencana nyata," paparnya. (Baca juga: Gletser Puncak Jaya Papua Bakal Hilang dalam Satu Dekade )

GLOF telah terjadi sebelumnya di Bhutan dan dampaknya tetap dalam ingatan orang-orang yang telah mengalami bencana seperti itu. Insiden kecil relatif sering terjadi di wilayah danau, tetapi peristiwa besar terakhir untuk melakukan crescendo terhadap daerah berpenduduk kembali pada tahun 1994.

Doley, mantan kepala desa Richena di Punakha ingat hari itu dengan baik. Setelah Danau Luggye pecah, sejumlah besar banjir merobohkan Sungai Pho Chhu, membawa puing-puing yang merusak.

“Saya ada di sini di desa, di rumah saya. Tiba-tiba seorang kerabat tua yang tinggal bersama kami pada saat itu, dengan panik berteriak kepada saya untuk melihat keluar jendela. Saya berlari ke jendela dan melihat ke bawah. Apa yang saya lihat membuat saya takut, pria 75 tahun itu menceritakan," paparnya.

“Sungai itu telah membengkak menjadi sungai yang gelap dan berlumpur dan di atasnya duduk ratusan pohon dan batang kayu yang baru tumbang termasuk petak besar semak-semak. Saya sangat ketakutan bahwa itu akan menghancurkan kehidupan dan properti dan tidak ada yang bisa saya lakukan," katanya.

Dua puluh lima tahun yang lalu, tidak ada peringatan bagi penduduk desa yang tinggal di sepanjang sungai. Banjir 1994 menewaskan 21 orang dan menyebabkan kerusakan luas pada lahan pertanian, menghancurkan rumah-rumah dan menyapu habis stok ikan di sungai.

Sejak itu, para ilmuwan lebih teliti memeriksa danau dan dampak suhu pada stabilitasnya.

Sekarang, sistem peringatan dini yang canggih dipasang di seluruh sistem danau dan sungai untuk memberi orang kesempatan terbaik untuk bertindak sebelum banjir datang.

"Mereka khawatir. Mereka tahu danau gletser akan pecah kapan saja karena pemanasan global," kata Tshewang Phuntsho, seorang petugas dari Departemen Manajemen Bencana di Punakha.

“Tetapi pada saat yang sama, kami juga siap,” ujarnya, menjelaskan bahwa latihan simulasi dan kampanye kesadaran sedang membangun ketahanan di antara populasi yang berisiko.

Ahli glasiologi di NCHM juga telah secara fisik memeriksa danau berbahaya secara tahunan. Beberapa bahkan memerlukan pemantauan yang lebih intens—seperti Danau Thorthormi di wilayah Lunana, yang dianggap sebagai danau glasial paling volatil di Bhutan.

Dua personel ditempatkan secara permanen di dekat ujungnya untuk secara visual memonitor setiap perubahan atau risiko. Komunitas terdekat hanya memiliki waktu sekitar 30 menit untuk mengungsi jika terjadi bencana.

“Beberapa danau hampir tidak mungkin dicapai di sana. Tetapi sebagian besar yang berpotensi berbahaya, kami pergi ke sana dan melakukan pengecekan darat," kata ahli geologi eksekutif NCHM, Phuntsho Tshering.

“Sebagai ahli glasiologi dan ilmuwan, melihat mereka cukup menakutkan. Jika sesuatu menekan, penghalang tidak bisa bertahan. Kami tahu ada sesuatu yang terjadi di sana, itu tidak aman, itu penting," katanya.

Meskipun upaya baru-baru ini untuk menurunkan tingkat danau menggunakan tim pekerja fisik dengan tusuk tangan dan alat sederhana lainnya di perairan beku, ada beberapa pilihan yang layak untuk mengurangi bahaya.

Hampir semua danau berada pada ketinggian tinggi di mana kenaikan suhu diperbesar dibandingkan dengan daerah dataran rendah.

Rekor suhu tercatat pada 2019 di sekitar danau gletser paling berbahaya di Bhutan, 4.500 meter di atas permukaan laut.

Musim panas yang lebih hangat dan musim dingin tanpa salju berkontribusi terhadap penurunan gletser dan peristiwa hujan ekstrem di Himalaya menambah tekanan pada kapasitas danau.

Jika Thorthormi pecah, ada ramalan mengerikan tentang kerusakan yang terjadi pada lembah-lembah kecil tapi subur di hilir, yang diandalkan oleh Bhutan—70 persen dari populasi negara itu bergantung pada pertanian subsisten.

Daerah berhutan bisa musnah dan bangunan keagamaan yang signifikan seperti Punakha Dzong bisa menghadapi kehancuran.

Mungkin yang lebih penting lagi adalah risiko bagi sektor pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Bhutan, yang menjadi andalan perekonomian nasional sebagai penggerak pendapatan utama melalui ekspor ke negara tetangga India.

Energi bersih juga merupakan salah satu cara Bhutan mengimbangi emisi regional. GLOF yang kuat dapat mendatangkan malapetaka pada infrastruktur pembangkit listrik yang kritis.

“Pendapatan terbesar kami berasal dari PLTA hingga hari ini dan PLTA yang kami miliki sangat bergantung pada iklim. Kami telah menyadarinya dan kami sedikit khawatir tentang itu," kata perdana menteri.

Dua proyek terbesar dan paling penting sedang dibangun pada sistem yang sama, di hilir Danau Thorthormi—1.200 megawatt Punatsangchu-I dan 1020 megawatt Punatsangchu-II.

Keduanya run-of-river, artinya mereka mengandalkan aliran alami untuk menghasilkan listrik. Dengan proyeksi bahwa aliran sungai di Bhutan mungkin sangat terganggu pada tahun 2050 karena perubahan pola hujan, pendekatan ini mungkin perlu diubah.

Proyek PLTA yang paling ambisius dalam sejarah Bhutan—lebih dari dua kali lebih besar dari yang lain—akan berbeda.

Bendungan Sankosh akan dibangun sebagai reservoir skala besar, lebih ramah lingkungan, tetapi lebih tahan terhadap perubahan iklim. Ini adalah konsesi yang sulit dibuat di negara yang memiliki penyaringan penuh semangat dari semua proyek infrastrukturnya melalui Komisi Kebahagiaan Nasional Bruto.

Meskipun ada tiga ancaman—dari GLOFS, gempa bumi dan keandalan sungai—pemerintah ingin terus maju.

“Sankosh akan menjadi salah satu proyek pembangkit listrik tenaga air raksasa yang ingin kami mulai dan kemudian lihat bagaimana hasilnya selama satu dekade ke depan. Jika perubahan iklim menjadi lebih dapat diandalkan, jika sedikit tenang, kita dapat memulai proyek berikutnya. Kami harus sangat berhati-hati dengan ini," imbuh perdana menteri.

“Air adalah satu-satunya sumber daya yang mungkin kami miliki untuk menghasilkan karena upaya konservasi,” kata Drupchu dari NCHM.

“Kita bisa melakukan pembalakan dan menjadi kaya, tetapi konservasi dan perlindungan lingkungan adalah prioritas utama. Jika Anda tidak memanfaatkan air, air akan mengalir secara otomatis. Uang kurang lebih mengalir. Jadi mengapa kita tidak mengetuknya?."

Apakah keputusan ini terbukti bijaksana akan tergantung pada alam? Seperti komunitas pesisir yang siap siaga menghadapi tsunami di masa depan, kehidupan harus terus berjalan. Tapi ada keraguan.

Setiap kali seorang ilmuwan Bhutan mulai bekerja di sebuah danau glasial, akan ada doa dan persembahan kepada dewa yang diyakini terkandung di dalamnya. Ini adalah tugas budaya dan ukuran peringatan.

"Kami memohon kepada mereka bahwa kami tidak melakukan ini untuk bersenang-senang," kata Tshering, ahli geologi. "Ini untuk melindungi orang-orang."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)