alexa snippet

Menolak Berjilbab, Begini Dandanan Istri Trump di Saudi

Menolak Berjilbab, Begini Dandanan Istri Trump di Saudi
Presiden Donald Trump dan Ibu Negara AS Melania Trump (tanpa jilbab) saat tiba di Riyadh, Sabtu (20/5/2017). Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A+ A-
RIYADH - Melania Trump, istri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, menolak mengenakan jilbab saat berkunjung ke Arab Saudi. Ibu Negara AS ini mengenakan busana hitam dengan ikat pinggang warna emas dan rambut panjang cokelat terurai.

Presiden dan Ibu Negara AS tiba dengan pesawat Air Force One di Bandara Internasional King Khalid di Ibu Kota Riyadh, pada hari Sabtu (20/5/2017), sekitar pukul 10.00 pagi. Trump dan rombongannya disambut Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, dengan karpet merah dan diajak ke istana.

Baca: Raja Salman Anugerahi Presiden Trump Medali Emas

Keputusan Melania Trump yang memilih tidak mengenakan jilbab menjadi sorotan media. Sebab, dua  tahun lalu Trump pernah mengkritik istri Presiden Barack Obama, Michelle Obama, yang tidak mengenakan jilbab saat berkunjung ke Saudi.

”Banyak orang mengatakan begitu hebat bahwa Nyonya Obama menolak mengenakan jilbab di Arab Saudi, tapi mereka merasa tersinggung. Kami memiliki cukup musuh,” tulis Trump di Twitter saat Obama dan istrinya terakhir kali berkunjung ke Riyadh tahun 2015.

Kerajaan Arab Saudi sejatinya memberlakukan aturan ketat soal pakaian untuk perempuan, di mana kaum perempuan Saudi dan pengunjung di negara itu diharuskan mengenakan jilbab longgar yang dikenal dengan nama “abaya” ketika berada di tempat umum.

Kebanyakan perempuan di Arab Saudi juga menutupi rambut dan wajah mereka dengan kerudung yang dikenal sebutan "niqab".

Dandanan Melania Trump mengikuti tradisi para pemimpin perempuan Barat, seperti Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Kanselir Jerman Angela Merkel yang juga menolak mengenakan jilbab.

Baca juga: Dikunjungi Trump, Saudi Borong Senjata AS Senilai Rp4.666 Triliun

Istri Presiden Bush, Laura Bush, juga tidak mengenakan jilbab saat berkunjung ke Saudi. Namun, dia sempat mengenakan jilbab ketika busana itu dia terima sebagai hadiah dari pemerintah Saudi kala itu.

Hillary Clinton yang dalam perjalanan ke Arab Saudi sebagai Menteri Luar Negeri Obama, juga tidak menutupi kepalanya dengan jilbab.
halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top