alexa snippet

Raja Salman Anugerahi Presiden Trump Medali Emas

Raja Salman Anugerahi Presiden Trump Medali Emas
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saudi dari Arab Saudi anugerahkan medali emas kepada Presiden Donald Trump dalam kunjungan bersejarah presiden AS tersebut ke Riyadh, Sabtu (20/5/2017). Foto/REUTERS/Jonathan Ernst
A+ A-
RIYADH - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi menganugerahi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump dengan medali emas. Simbol kehormatan tertinggi di Saudi itu diberikan saat Trump melakukan perjalanan luar negeri perdananya yang dimulai dari Saudi.

Selain Saudi, Trump juga akan melakukan kunjungan ke Israel, Vatikan, dan Belgia.

Presiden Trump mendarat di Riyadh, sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat pada Sabtu sore. Trump bersama Ibu Negara AS, Melania Trump, mendarat dengan pesawat Air Force One dan disambut dengan karpet merah.

Raja Salman langsung menyalami Trump ketika presiden AS itu turun dari tangga pesawat.Raja Salman, Trump dan rombongan lantas pindah ke Royal Court (Istana Kerajaan), di mana presiden AS itu dianugerahi medali emas oleh sang Raja Arab Saudi.

Sambutan terhadap Trump ini berbeda dengan yang diberikan kepada Presiden Obama dan Presiden George W. Bush di masa lalu.

Obama yang melakukan lawatan terakhir ke Saudi pada April 2016 tidak disambut Raja Salman. Dia hanya disambut oleh Gubernur Riyadh, Pangeran Faisal bin Bandar al-Saud.

Baca juga: Dikunjungi Trump, Saudi Borong Senjata AS Senilai Rp4.666 Triliun

Pada hari Minggu (21/5/2017), Trump dijadwalkan akan berpidato untuk para pemimpin negara-negara Muslim tentang visinya untuk membangun hubungan baik dengan dunia Islam. Trump juga akan menyerukan visi damai Islam.

Sebelum rangkaian seremonial pada hari Sabtu, Kepala Staf Gedung Putih Reince Priebus mengatakan bahwa Trump hanya tidur singkat selama penerbangan 14 jam dari Maryland ke Riyadh. Priebus, seperti dikutip CNN, mencatat bahwa presiden bekerja dengan staf, membaca koran dan mengerjakan pidato yang akan disampaikan hari ini.

Dalam beberapa hari mendatang, Trump juga akan bertemu dengan Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Nayef dan Wakil Putra Mahkota, Mohammed bin Salman.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top