Awal Mula Arab Saudi Menjadi Sekutu Amerika Serikat

Sabtu, 05 Maret 2022 - 06:01 WIB
loading...
Awal Mula Arab Saudi Menjadi Sekutu Amerika Serikat
Raja Arab Saudi Ibnu Saud bertemu Presiden AS Franklin D Roosevelt di kapal USS Quincy, 14 Februari 1945. Foto/wikipedia
A A A
RIYADH - Salah satu negara kaya dan besar di Timur Tengah, Arab Saudi telah lama menjalin kerja sama dan menjadi negara sekutu Amerika Serikat (AS).

Pada Oktober 2020, Tawazun Gulf Trading Group yang berasal dari Arab Saudi menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan asal AS, Advanced CNG Technologies Inc, untuk membuat rudal di negeri Raja Salman itu.

Proyek itu diluncurkan pada semester kedua 2020 di Riyadh. Melihat kedua negara tersebut memiliki kerja sama yang cukup baik, lantas bagaimana sejarahnya?



AS banyak menemukan tambang minyak di kawasan Timur Tengah, terutama di wilayah Arab Saudi, Bahrain, dan Kuwait sekitar tahun 1933 sampai 1934.



Melihat sangat berpotensinya tambang minyak tersebut, AS langsung berkonsentrasi mengembangkan potensi tersebut.



Dalam tulisan bertajuk “Dinamika Hubungan Politik Luar Negeri Arab Saudi dengan Amerika Serikat”, AS berhasil mendapatkan konsensi untuk mengelola minyak.

Standard Oil Company milik AS resmi beroperasi pada 29 Mei 1933 dan melakukan penambangan minyak di bagian timur Arab Saudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)