10 Sisi Gelap Perang Korea, Salah Satunya 20% Penduduk Korut Meninggal

Sabtu, 02 September 2023 - 05:35 WIB
loading...
A A A
Dia akhirnya menjadi bapak pendiri Korea Utara berdasarkan kebencian yang ditimbulkan oleh perang di antara penduduk Korea Utara. Semua orang di Korea Utara kehilangan orang yang dicintai.

Mereka kehilangan rumah dan cara hidup selama perang, sehingga memungkinkan pemimpin karismatik seperti Kim Il-sung untuk mendirikan dinastinya sendiri. Selain itu, perang memberi Kim Il-sung alasan untuk membersihkan lawan-lawannya dan mengkonsolidasikan kendalinya atas negara.

10. Perang Proksi antara AS dan Uni Soviet

10 Sisi Gelap Perang Korea, Salah Satunya 20% Penduduk Korut Meninggal

Foto/Wikipedia

Selain merupakan perang antara Korea Selatan dan Korea Utara, juga merupakan perang proksi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Dan konflik singkat ini akan menandai awal dari Perang Dingin yang telah berlangsung selama beberapa dekade.

Amerika Serikat mendukung Korea Selatan, sedangkan Uni Soviet mendukung Korea Utara. Kedua kekuatan tersebut hadir dalam perang tersebut—walaupun Uni Soviet memainkan peran yang lebih logistik dan menyediakan senjata untuk menghalangi tindakan Amerika Serikat.

Bagi Uni Soviet, tujuan perang ini adalah untuk membuat Amerika Serikat tetap terlibat dalam perang untuk mencegah konflik lain di Eropa yang akan mengancam Uni Soviet secara langsung.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)