10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 12:15 WIB
loading...
A A A
Tupolev Tu-95 juga merupakan salah satu dari sedikit pesawat baling-baling dengan sayap tersapu ke belakang, yang hanya menguntungkan pesawat yang mampu terbang dengan kecepatan lebih tinggi.

Tu-95 juga memiliki kapasitas bahan bakar yang luar biasa dan dapat terbang sejauh sembilan ribu mil hanya dengan menggunakan bahan bakar internal. Setelah varian produksi awal, tipe selanjutnya menambahkan probe pengisian bahan bakar dalam penerbangan yang khas, bahkan memperluas jangkauannya. Patroli khas selama Perang Dingin berlangsung sepuluh jam, tetapi beberapa penerbangan Tu-95 berlangsung hampir dua kali lebih lama.

4. Dioperasikan 8 Awak

Tu-95 memiliki enam hingga delapan awak tergantung pada jenisnya, termasuk dua pilot dan dua navigator, sedangkan awak yang tersisa mengoperasikan senjata atau sistem sensor. Versi asli dari Bear memiliki dua meriam dua puluh tiga milimeter laras ganda di perut dan ekor, dan satu senjata tetap di hidung, semuanya dimaksudkan untuk menangkal pejuang musuh.

Persenjataan semacam ini menjadi semakin usang di zaman rudal udara-ke-udara jarak jauh, sehingga model-model selanjutnya menyingkirkan semua kecuali senjata ekor.

Misi asli yang dimaksudkan Tupolev Tu-95 cukup jelas: jika Perang Dingin menjadi sangat panas, puluhan Tupolev Tu-95 akan terbang melintasi Lingkaran Arktik dan menjatuhkan bom nuklir ke sasaran di atas Amerika Serikat. Bahkan jika banyak yang menjadi korban rudal darat-ke-udara dan pejuang bertahan, alasannya adalah bahwa beberapa akan berhasil melewatinya.

Ini meniru rencana perang Angkatan Udara AS sendiri, yang diabadikan dalam film Dr. Strangelove. Namun, Uni Soviet tidak mempertahankan kekuatan dua puluh empat jam pesawat pengebom bersenjata nuklir seperti yang dilakukan Amerika Serikat.

5. Pernah Menjatuhkan Bom Nuklir

10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Foto/Reuters

Sejalan dengan itu, Tu-95 juga digunakan dalam uji coba senjata nuklir. Sebuah Tu-95V menjatuhkan senjata nuklir terbesar yang pernah diledakkan di Pulau Severny pada tahun 1961. Dikerahkan dengan parasut, Tsar meledakkan empat kilometer di atas tanah, mengirimkan awan jamur lebih dari empat puluh mil ke langit.

Gelombang kejut melemparkan Tupolev seribu meter ke tanah, tetapi pilot berhasil mempertahankan kendali dan kembali ke pangkalan. Para kru sebelumnya telah diberi tahu bahwa mereka hanya memiliki peluang 50 persen untuk selamat dari tes tersebut.

6. Dijuluki sebagai Perampok Maritim

Pada tahun 1960-an, Uni Soviet dengan bijak menyimpulkan bahwa kekuatan pengebom strategis nuklir yang mencoba menjatuhkan bom gravitasi nuklir di atas Amerika Serikat adalah proposisi yang sia-sia, mengingat peningkatan efektivitas pertahanan udara dan biaya rudal balistik yang relatif lebih rendah. Varian baru dari Tu-95 dikembangkan untuk mengejar misi yang berbeda.

Salah satu cara untuk mengatasi kerentanan pembom terhadap intersepsi adalah dengan menggunakannya sebagai platform untuk rudal jelajah jarak jauh. Varian Tu-95K dapat membawa rudal jelajah nuklir Kh-20 yang sangat besar, yang dikenal oleh NATO sebagai AS-3 Kangaroo. Rudal itu memiliki jangkauan 300 hingga 600 kilometer, dan tampak seperti pesawat tanpa sayap karena kurang lebih seperti itu—dimodelkan dari badan pesawat MiG-19.

Misi lain yang diberikan kepada Tupolev Tu-95 adalah membayangi kelompok tempur kapal induk AS. Bahkan dengan sensor canggih, menemukan dan melacak kapal melintasi luasnya lautan merupakan upaya yang menantang. Namun, jika kelompok kapal induk AS dapat ditemukan, itu dapat diterkam oleh kawanan pembom darat. Tupolev Tu-95 , dengan kemampuannya untuk terbang di atas lautan selama berjam-jam dan mencakup wilayah yang luas, sangat ideal untuk mengorek posisi armada AS dan melacak pergerakan mereka.

Varian pengintaian maritim Tu-95RT diproduksi untuk melakukan tugas ini secara khusus: ia memiliki radar pencarian permukaan di pod perut dan bahkan menambahkan lepuh observasi kaca tepat di belakang posisi senjata ekor.

7. Bertenaga Reaktor Nuklir

10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)