10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 12:15 WIB
loading...
10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO
Pesawat pengebom Tupolev Tu-95 kerap menebar ancaman ke negara-negara NATO. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Tentu saja "The Bear" julukan untuk pesawat pengebom Tupolev Tu-95 sama sekali tidak tersembunyi dan tidak dapat bertahan melawan rudal antipesawat modern yang diluncurkan dari udara dan permukaan. Namun, rudal jelajah yang diluncurkan Tupolev Tu-95 tidak harus mendekati pertahanan udara sejak awal.

Hanya sedikit pesawat yang seistimewa Tupolev Tu-95, pesawat pengebom strategis Rusia dan pesawat patroli maritim bermesin empat dengan wahana pengisian bahan bakar mirip unicorn raksasa, membuatnya tampak seperti monster yang datang dari zaman prasejarah—atau setidaknya sejak Perang Dunia II, seperti yang sebenarnya terjadi.

Berikut adalah10 fakta keunggulan Tupolev Tu-95.

1. Telah Beroperasi selama 60 Tahun

10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Foto/Reuters

Melansir National Interest, Lebih dari enam puluh tahun kemudian, Tu-95 tetap beroperasi karena hanya sedikit pesawat yang dapat menempuh jarak yang begitu jauh untuk jangka waktu yang lama sambil membawa muatan yang besar dan kuat.

Dengan kata lain, Tu-95 adalah B-52 Rusia—tetapi satu dengan kecenderungan maritim yang jelas dan kebiasaan mengetuk pintu sistem pertahanan udara pesisir di Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

2. Mampu Mengangkut 12 Ton Bom

10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Foto/Reuters

Tupolev lahir dari keinginan Uni Soviet untuk mengembangkan kekuatan pengebom strategisnya sendiri untuk menandingi yang diterjunkan oleh Amerika Serikat dalam Perang Dunia II.

Para perencana Soviet pada tahun 1950 meminta sebuah pesawat pengebom bermesin empat yang dapat terbang sejauh lima ribu mil untuk mencapai sasaran di seluruh Amerika Serikat sambil mengangkut lebih dari dua belas ton bom.

Namun, mesin jet saat itu membakar bahan bakar terlalu cepat. Jadi, biro desain Andrei Tupolev membayangkan sebuah pesawat menggunakan empat mesin turboprop NK-12 bertenaga dengan baling-baling contrarotating.

Masing-masing NK-12 memiliki dua baling-baling, yang kedua berputar berlawanan arah dengan yang pertama. Ini tidak hanya menangkal torsi yang diciptakan oleh aliran udara rotasi dari baling-baling pertama, tetapi memanfaatkannya untuk kecepatan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, baling-baling contrarotating secara sederhana lebih efisien—tetapi karena lebih mahal untuk diproduksi dan dirawat, dan juga sangat berisik, baling-baling tersebut belum diadopsi secara luas. Faktanya, kebisingan yang dihasilkan oleh Tu-95 dilaporkan telah ditanggapi oleh awak kapal selam dan pilot jet.

3. Terbang Tercepat dan Daya Jelajah yang Panjang

10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Foto/Reuters

Namun, pada Tu-95, mesin yang tidak konvensional terbayar: Tu-95 yang sangat besar sebenarnya adalah salah satu pesawat baling-baling tercepat yang ada, mampu melaju lebih dari lima ratus mil per jam. Ujung baling-baling berdiameter delapan belas kaki benar-benar berputar sedikit di atas kecepatan suara.

Tupolev Tu-95 juga merupakan salah satu dari sedikit pesawat baling-baling dengan sayap tersapu ke belakang, yang hanya menguntungkan pesawat yang mampu terbang dengan kecepatan lebih tinggi.

Tu-95 juga memiliki kapasitas bahan bakar yang luar biasa dan dapat terbang sejauh sembilan ribu mil hanya dengan menggunakan bahan bakar internal. Setelah varian produksi awal, tipe selanjutnya menambahkan probe pengisian bahan bakar dalam penerbangan yang khas, bahkan memperluas jangkauannya. Patroli khas selama Perang Dingin berlangsung sepuluh jam, tetapi beberapa penerbangan Tu-95 berlangsung hampir dua kali lebih lama.

4. Dioperasikan 8 Awak

Tu-95 memiliki enam hingga delapan awak tergantung pada jenisnya, termasuk dua pilot dan dua navigator, sedangkan awak yang tersisa mengoperasikan senjata atau sistem sensor. Versi asli dari Bear memiliki dua meriam dua puluh tiga milimeter laras ganda di perut dan ekor, dan satu senjata tetap di hidung, semuanya dimaksudkan untuk menangkal pejuang musuh.

Persenjataan semacam ini menjadi semakin usang di zaman rudal udara-ke-udara jarak jauh, sehingga model-model selanjutnya menyingkirkan semua kecuali senjata ekor.

Misi asli yang dimaksudkan Tupolev Tu-95 cukup jelas: jika Perang Dingin menjadi sangat panas, puluhan Tupolev Tu-95 akan terbang melintasi Lingkaran Arktik dan menjatuhkan bom nuklir ke sasaran di atas Amerika Serikat. Bahkan jika banyak yang menjadi korban rudal darat-ke-udara dan pejuang bertahan, alasannya adalah bahwa beberapa akan berhasil melewatinya.

Ini meniru rencana perang Angkatan Udara AS sendiri, yang diabadikan dalam film Dr. Strangelove. Namun, Uni Soviet tidak mempertahankan kekuatan dua puluh empat jam pesawat pengebom bersenjata nuklir seperti yang dilakukan Amerika Serikat.

5. Pernah Menjatuhkan Bom Nuklir

10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Foto/Reuters

Sejalan dengan itu, Tu-95 juga digunakan dalam uji coba senjata nuklir. Sebuah Tu-95V menjatuhkan senjata nuklir terbesar yang pernah diledakkan di Pulau Severny pada tahun 1961. Dikerahkan dengan parasut, Tsar meledakkan empat kilometer di atas tanah, mengirimkan awan jamur lebih dari empat puluh mil ke langit.

Gelombang kejut melemparkan Tupolev seribu meter ke tanah, tetapi pilot berhasil mempertahankan kendali dan kembali ke pangkalan. Para kru sebelumnya telah diberi tahu bahwa mereka hanya memiliki peluang 50 persen untuk selamat dari tes tersebut.

6. Dijuluki sebagai Perampok Maritim

Pada tahun 1960-an, Uni Soviet dengan bijak menyimpulkan bahwa kekuatan pengebom strategis nuklir yang mencoba menjatuhkan bom gravitasi nuklir di atas Amerika Serikat adalah proposisi yang sia-sia, mengingat peningkatan efektivitas pertahanan udara dan biaya rudal balistik yang relatif lebih rendah. Varian baru dari Tu-95 dikembangkan untuk mengejar misi yang berbeda.

Salah satu cara untuk mengatasi kerentanan pembom terhadap intersepsi adalah dengan menggunakannya sebagai platform untuk rudal jelajah jarak jauh. Varian Tu-95K dapat membawa rudal jelajah nuklir Kh-20 yang sangat besar, yang dikenal oleh NATO sebagai AS-3 Kangaroo. Rudal itu memiliki jangkauan 300 hingga 600 kilometer, dan tampak seperti pesawat tanpa sayap karena kurang lebih seperti itu—dimodelkan dari badan pesawat MiG-19.

Misi lain yang diberikan kepada Tupolev Tu-95 adalah membayangi kelompok tempur kapal induk AS. Bahkan dengan sensor canggih, menemukan dan melacak kapal melintasi luasnya lautan merupakan upaya yang menantang. Namun, jika kelompok kapal induk AS dapat ditemukan, itu dapat diterkam oleh kawanan pembom darat. Tupolev Tu-95 , dengan kemampuannya untuk terbang di atas lautan selama berjam-jam dan mencakup wilayah yang luas, sangat ideal untuk mengorek posisi armada AS dan melacak pergerakan mereka.

Varian pengintaian maritim Tu-95RT diproduksi untuk melakukan tugas ini secara khusus: ia memiliki radar pencarian permukaan di pod perut dan bahkan menambahkan lepuh observasi kaca tepat di belakang posisi senjata ekor.

7. Bertenaga Reaktor Nuklir

10 Keunggulan Pesawat Tupolev Tu-95, Monster Pengebom yang Ditakuti NATO

Foto/Reuters

Ada banyak Bear eksperimental, termasuk Tu-95LAL, yang ditenagai oleh reaktor nuklir, dan Tu-95K, yang dirancang untuk membawa pesawat tempur MiG-19 untuk penyebaran udara.

Model yang memasuki produksi termasuk pesawat pengintai foto Tu-95MR, dan Tu-95K dan KM yang ditingkatkan dengan sensor yang lebih baik dan kemampuan meluncurkan rudal Kh-22

Uni Soviet akhirnya mengembangkan pesawat pengintai antikapal selam khusus dari Tupolev Tu-95. Ini muncul karena ketakutan akan Rudal Balistik Peluncuran Kapal Selam Polaris (SLBM) baru, yang melakukan peluncuran rudal balistik bawah air pertama pada tahun 1960. Tu-142 dibedakan oleh radar pencari permukaan dan penargetan Berkut (Golden Eagle).

Sistem ini harus ditingkatkan beberapa kali selama Perang Dingin untuk mengimbangi teknologi kapal selam AS. Varian saat ini, Tu-142MZ, dapat menggunakan pelampung sonar RGB-16 dan RGB-26 superior dan memiliki mesin yang lebih bertenaga. Berulang kali, Tu-142 berhasil mendeteksi kapal selam AS dan mengikuti mereka selama berjam-jam. Dua Tu-142MR khusus yang dirancang untuk berkomunikasi dengan kapal selam Rusia juga diproduksi.

8. Mampu Menjalankan Aksi Spionase

Angkatan Udara Angkatan Laut Rusia masih mengoperasikan lima belas Tu-142 hari ini. Salah satunya baru-baru ini terlihat di Suriah—baik menggunakan sistemnya untuk memata-matai posisi pemberontak Suriah atau memantau pergerakan armada AS.

Angkatan Laut India telah mengoperasikan delapan Tu-142MK-E sejak 1988—meskipun mereka akan digantikan oleh dua belas pesawat P-8I Poseidon dalam waktu dekat.

Tupolev juga dikembangkan menjadi pesawat AWAC pertama Rusia—Tu-126—dan pesawat Tu-114 yang membawa Khrushchev dalam penerbangan nonstop sebelas jam dari Moskow ke New York pada tahun 1959. Namun, tidak ada jenis yang masih terbang hingga saat ini.

Selain Tu-142, satu-satunya Tu-95 yang beroperasi saat ini adalah lebih dari lima puluh pesawat Tu-95MS, sebenarnya dikembangkan dari badan pesawat Tu-142 untuk berfungsi sebagai pembawa rudal jelajah yang mampu menembakkan rudal Kh-55, juga dikenal sebagai AS-15 oleh NATO.

Mereka baru-baru ini ditingkatkan untuk masing-masing membawa enam belas rudal jelajah, dan dilengkapi dengan sistem navigasi/penargetan baru. Kh-55 hadir dalam banyak varian, baik konvensional maupun nuklir, dengan jarak tempuh sejauh tiga ribu kilometer dan sesingkat tiga ratus.

Varian Tu-95MSM juga dapat menembakkan rudal jelajah siluman Kh-101 dan nuklir Kh-102 yang meluncur di ketinggian rendah dan mengurangi penampang radar. Rudal ini bisa mencapai jarak hingga 5.500 kilometer.

9. Kerap Tebar Ancaman

Penerbangan yang lebih dekat biasanya memicu intersepsi pesawat tempur sebagai tanggapan. Sebagian besar waktu mereka sebenarnya tidak melanggar wilayah udara asing.

Patroli semacam itu, rutin selama Perang Dingin, dilanjutkan oleh Putin pada tahun 2007. Meskipun secara teoritis ini adalah misi pengawasan, tujuan utama mereka adalah untuk mengingatkan negara-negara lain bahwa Rusia tetap mampu mengirim pesawat pengebom bersenjata nuklir ke dekat wilayah udara mereka jika diinginkan.

Penerbangan reguler oleh pesawat mata-mata RC-135 AS juga diketahui menimbulkan intersepsi oleh pesawat tempur China dan Rusia. Namun, RC-135 tidak bisa membawa senjata apapun.

Tentu saja, Tupolev sama sekali tidak tersembunyi dan tidak dapat bertahan melawan rudal antipesawat modern yang diluncurkan dari udara dan permukaan. Namun, rudal jelajah yang diluncurkan Bear tidak harus mendekati pertahanan udara sejak awal.

10. Terus Beradaptasi

Pada November 2015, lima puluh sembilan tahun setelah memasuki layanan, Tu-95 akhirnya melihat pertempuran sebagai pembom. Pengerahan pertama rudal jelajah Moskow di platform udara dan angkatan laut telah ditafsirkan sebagai sarana untuk menunjukkan kemampuan militernya kepada dunia.

Militer Rusia saat ini mempertahankan beragam armada pembom yang mampu membawa muatan lebih berat dan terbang dengan kecepatan lebih cepat daripada Tu-95. Namun, Tupolev yang terhormat tetap beradaptasi dengan baik untuk pekerjaan mengangkut rudal jelajah yang berat dan mengawasi Pasifik dan Atlantik — terutama ketika berhati-hati bukan hanya tidak perlu untuk misi, tetapi bertentangan dengan tujuannya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)