Mengapa Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditangkap?

Minggu, 06 Agustus 2023 - 15:05 WIB
loading...
Mengapa Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditangkap?
Penangkapan mantan PM Pakistan Imran Khan memicu krisis politik. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Pakistan diwarnai krisis politik dan ekonomi yang mengguncang berbagai sendi-sendi kehidupan. Itu mencapai klimaks ketika mantan Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan ditangkap dari kediamannya di Lahore setelah dia dijatuhi hukuman penjara tiga tahun dalam kasus korupsi.

Setelah menghukum Khan, pengadilan Islamabad mengeluarkan surat perintah penangkapan yang mengatakan dia akan menjalani hukumannya di penjara pusat Rawalpindi di provinsi Punjab Pakistan, dengan polisi di Lahore dengan cepat bergerak untuk menangkapnya dari rumahnya.

Keyakinan, yang dijatuhkan secara in absentia, melarang Khan dari jabatan politik selama lima tahun ke depan.

Mengapa Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditangkap?

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Pakistan telah melihat mantan perdana menterinya ditangkap selama bertahun-tahun dan intervensi oleh militernya yang kuat, dengan Khan, mantan bintang kriket internasional, menjadi mantan perdana menteri ketujuh yang ditangkap.

Tidak ada PM dalam sejarah Pakistan yang berhasil menyelesaikan masa jabatan lima tahun mereka, sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi negara.



Ini adalah penangkapan keduanya tahun ini setelah dia ditahan Mei lalu oleh lembaga antikorupsi Pakistan sehubungan dengan kasus lain. Khan membantah melakukan kesalahan dan dibebaskan dengan jaminan dalam beberapa hari.

Tapi itu tidak menghentikan protes besar-besaran yang pecah setelah penangkapan pertama Khan, setelah itu ribuan pekerja dari partai Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) Khan dan para pemimpin mereka ditahan oleh pihak berwenang.

Banyak dari mereka akan diadili di pengadilan militer dengan tuduhan menyerang instalasi dan monumen militer, sebuah keputusan yang membuat marah kelompok hak asasi manusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)