Mengapa Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditangkap?

Minggu, 06 Agustus 2023 - 15:05 WIB
loading...
A A A
Mengapa Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditangkap?

Foto/Reuters

Sejak pencopotannya dari kekuasaan dalam mosi tidak percaya di parlemen pada April 2022, Khan menghadapi lebih dari 150 kasus hukum, termasuk beberapa tuduhan korupsi, terorisme, dan menghasut orang untuk melakukan kekerasan atas protes mematikan pada Mei. pengikut menyerang properti pemerintah dan militer di seluruh negeri.

Dia telah muncul di pengadilan untuk banyak kasus di Lahore dan Islamabad, dan telah lama memperingatkan bahwa dia akan ditangkap untuk mencegahnya berpartisipasi dalam pemilihan yang akan diadakan sebelum akhir tahun.

Apa kata pemerintah?

Menteri Penerangan Maryam Aurangzeb membantah penangkapan Khan ada hubungannya dengan pemilihan yang akan datang, dan mengatakan dia telah diberi setiap kesempatan untuk membela diri terhadap tuduhan penyembunyian aset.

"Malah Imran Khan menggunakan waktu untuk menunda proses pengadilan dan bolak-balik ke Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung untuk menghentikan kasus ini," katanya.

Aurangzeb menambahkan bahwa Khan telah “terbukti bersalah atas praktik ilegal, korupsi, menyembunyikan aset dan salah menyatakan kekayaan dalam pengembalian pajak”.

Hakim Humayun Dilawar menulis dalam vonis terperinci setebal 30 halaman ini bahwa "ketidakjujuran Khan telah terbukti tanpa keraguan".

“Dia dinyatakan bersalah melakukan praktik korupsi dengan menyembunyikan keuntungan yang dia peroleh dari bendahara negara dengan sengaja dan sengaja,” tulis Dilawar dalam putusannya.

Apa yang terjadi selanjutnya?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)