Protes Pengeboran Minyak, Aktivis Greenpeace Tutupi Rumah PM Inggris dengan Kain Hitam

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 00:00 WIB
loading...
Protes Pengeboran Minyak, Aktivis Greenpeace Tutupi Rumah PM Inggris dengan Kain Hitam
Aktivis Greenpeace naik ke Atap dan tutupi Rumah PM Inggris dengan kain hitam sebagai bentuk protes atas kebijakan pengeboran minyak. Foto/Greenpeace/Handout via REUTERS
A A A
LONDON - Lima aktivis Greenpeace ditangkap setelah memanjat atap rumah perdana menteri Inggris, Rishi Sunak, dan menutupinya dengan kain hitam simbolisasi dari minyak, Kamis (3/8/2023). Mereka memprotes kebijakan pengeboran minyak pemerintah Inggris.

Dilansir dari Reuters, empat pengunjuk rasa menggunakan tangga untuk naik ke atap rumah di daerah Yorkshire, Inggris utara, di mana mereka mengatakan bahwa mereka menghabiskan lima jam. Seorang mantan perwira polisi senior menggambarkan aksi ini sebagai "pelanggaran keamanan besar".

Aktivis kelima, yang tidak memanjat atap, kemudian ditangkap karena dicurigai menyebabkan gangguan publik sehubungan dengan protes tersebut dilansir dari Sky News.

Sunak sendiri sedang berlibur di California jadi tidak ada di rumah di daerah pemilihannya pagi ini. Total lima pengunjuk rasa ditangkap.

Catatan Sunak tentang masalah lingkungan telah dicermati setelah dia mengatakan dia akan mengambil "pendekatan proporsional" untuk perubahan iklim yang menyeimbangkan ambisi bersih nol dengan kebutuhan untuk menekan tagihan konsumen.

Hal itu memicu kemarahan dari pengunjuk rasa iklim yang mengganggu acara olahraga terkenal, konser musik klasik, dan pidato politik.



Sebagai tanggapan, menteri Sunak telah memperkenalkan undang-undang baru untuk menekan taktik pengunjuk rasa "eco-mob" termasuk aksi berjalan lambat di jalan yang sibuk dan "mengunci" bangunan atau infrastruktur.

Gambar yang diposting online oleh Greenpeace UK menunjukkan para pengunjuk rasa di atas properti membentangkan spanduk bertuliskan "RISHI SUNAK - KEUNTUNGAN MINYAK ATAU MASA DEPAN KITA?"

Dengan alasan membutuhkan "pemimpin iklim, bukan pembakar iklim", para aktivis mengatakan bahwa mereka menyampaikan pesan itu langsung ke Sunak karena dia telah menandatangani lisensi ekstraksi minyak dan gas baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)