10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:17 WIB
loading...
A A A
Jika BRICS menciptakan mata uangnya sendiri, hal itu akan mengurangi permintaan dolar AS dan karena itu akan melemahkan posisi dolar AS sebagai mata uang cadangan dunia. Hal ini akan mempersulit AS untuk membiayai defisit anggarannya dan juga akan mempersulit pemerintah AS untuk menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap negara lain.

Secara keseluruhan, implikasi potensial dari UEA bergabung dengan BRICS memiliki banyak segi. Meskipun dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi negara, hal itu juga dapat menyebabkan meningkatnya ketegangan dengan AS dan kekuatan Barat lainnya, serta dapat menimbulkan pertanyaan tentang nilai dan prinsip yang mendasari kelompok tersebut.

7. Afghanistan

Afghanistan berada di bawah kendali Taliban sejak September 2021. Taliban telah mengumumkan Negara Islam Afghanistan, tetapi belum diakui secara resmi.

Itulah yang menjadikan Afghanistan ingin bergabung dengan BRICS sehingga mendapatkan pengakuan dari negara lain.

Dengan populasi 40 juta jiwa, negara ini adalah salah satu yang terbesar di Asia Tengah, tetapi perang selama puluhan tahun telah menjadikan Afghanistan sebagai salah satu negara termiskin dan terbelakang di dunia.

Potensi BRICS, perannya yang meningkat dalam ekonomi dunia, restrukturisasi geopolitik global yang sedang berlangsung, dan penguatan kerja sama ekonomi dan keuangan telah disambut baik oleh banyak orang di Afghanistan.

Meskipun BRICS bukan aliansi resmi, mereka memiliki minat yang sama dalam memperkuat kerja sama ekonomi. Hubungan ekonomi yang lebih dekat antara anggota BRICS dan pemain penting di kawasan, perluasan hubungan Afghanistan dengan anggota BRICS.

Menurut pejabat Taliban, keanggotaan Afghanistan di BRICS akan memberikan lebih banyak legitimasi dan keamanan. Bahkan, memperkuat peran BRICS New Development Bank (NDB) sebagai alternatif dari kebijakan luar negeri Barat secara keseluruhan, termasuk peran mereka dalam mengarahkan Dana Moneter Internasional, dan Bank Dunia dipandang penting bagi sebagian besar calon anggota tersebut. sebagai Afganistan.

8. Bangladesh

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Dhaka Tribune melaporkan, Bangladesh telah mengajukan permintaan resmi untuk bergabung dengan koalisi BRICS pada Selasa (20/6/2023).

Permintaan ini disampaikan setelah pertemuan antara perdana menteri Sheikh Hasina dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa di Jenewa pada awal Juni 2023.

Karena Bangladesh secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan koalisi BRICS, karena tertarik menggunakan mata uangnya untuk perdagangan. Memang akan muncul kekhawatiran atas potensi implikasi dominasi dolar AS dalam transaksi internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)