10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:17 WIB
loading...
A A A
Dalam pernyataannya, Menlu mengajak negara-negara BRICS untuk memperjuangkan hak pembangunan setiap negara dan memperkuat multilateralisme. Menlu menyampaikan bahwa saat ini dunia semakin terbelah ke dalam blok-blok yang saling berlawanan.

Kerja sama internasional gagal mengatasi tantangan-tantangan global, dan kepercayaan terhadap efektivitas multilateralisme makin surut. “Jika tren ini terus berlanjut, negara berkembang yang akan paling dirugikan. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki tatanan global yang tidak sehat ini. Dan BRICS berpotensi menjadi kekuatan yang positif untuk itu," kata Retno.


4. Iran

Melansir Al Monitor, Iran, yang memiliki cadangan gas terbesar kedua di dunia, pertama kali mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan blok tersebut pada Juni 2022.

“Saya pikir Iran yang ingin bergabung dengan BRICS mencerminkan pandangan dunia pemimpin tertinggi tentang tatanan dunia yang semakin multipolar,” kata Jason Brodsky, peneliti di Middle East Institute.

Bergabungnya Iran, menurut Brodsky, terutama benar dalam upayanya untuk menciptakan saluran keuangan yang terisolasi dari tekanan Barat sebagai bagian dari konsep ekonomi perlawanannya. Dengan kemitraan Teheran yang semakin dalam dengan Rusia dan China, hubungan yang semakin hangat dengan Brasil terutama setelah pemilihan Lula, dan India serta Afrika Selatan melindungi perang di Ukraina, sepertinya ada peluang untuk bergabung dengan blok semacam itu.

Namun sejak Revolusi Islam 1979 yang menyaksikan penggulingan Shah Mohammad Reza Pahlavi yang didukung AS, Iran telah dikucilkan oleh Barat dan ekonominya terhambat oleh serangkaian sanksi internasional. Brodsky mengatakan bahwa pendekatan Iran ke BRICS tidak akan mengubah fakta bahwa sanksi AS tetap berlaku dan semua negara ini berisiko terkena sanksi tersebut.

“Ini mungkin membantu Teheran secara diplomatis, tetapi secara ekonomi keuntungannya akan jauh lebih sederhana,” tambahnya.

5. Arab Saudi

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Awal ketertarikan Saudi dengan BRICS adalah faktor New Development Bank (NDB) atau Bank-nya BRICS.

Bank berbasis di Shanghai sedang dalam pembicaraan dengan Arab Saudi untuk mengakui negara itu sebagai anggota kesembilan. "Di Timur Tengah, kami sangat mementingkan Kerajaan Arab Saudi dan saat ini terlibat dalam dialog yang memenuhi syarat dengan mereka," demikian keterangan NDB.

Keanggotaan akan memperkuat ikatan Riyadh dengan negara-negara BRICS pada saat Arab Saudi, pengekspor minyak mentah terbesar dunia, juga mengejar hubungan yang lebih dekat dengan China. Presiden China Xi Jinping memuji “era baru” dalam hubungan kedua negara ketika dia mengunjungi kerajaan akhir tahun lalu, dan Beijing pada Maret 2023 menengahi kesepakatan antara Arab Saudi dan Iran untuk melanjutkan hubungan diplomatik.

6. Uni Emirat Arab

Jika Uni Emirat Arab (UEA) bergabung dengan BRICS, kemungkinan besar negara penghasil minyak lainnya akan mengikuti. "Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan dolar yang signifikan, yang selanjutnya akan melemahkan dolar," demikian analisis dari Eurasia Review.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)