10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:17 WIB
loading...
10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS
BRICS terus berekspansi mencari anggota baru terutama dari negara mayoritas Muslim. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - BRICS, kelompok kerja sama multilateral yang beranggotakan China, India, Rusia, Afrika Selatan dan Brasil, sedang naik daun. Itu dikarenakan menguatnya posisi geopolitik China dan Rusia.

Apalagi, dunia juga sedang marah dan bosan dengan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya yang terlalu arogan dalam mendominasi panggung politik dan ekonomi global.

Duta Besar China untuk Rusia Zhang Hanhui mengungkapkan 13 negara menunjukkan minat pada BRICS. Mereka telah mengajukan ide-ide yang menjanjikan dan strategis untuk pengembangan kelompok tersebut di masa depan

“Tidak hanya para pemimpin dari lima (negara) BRICS yang ambil bagian dalam tiga acara BRICS+, tetapi juga para pemimpin dari 13 negara berkembang lainnya," kata Zhang dilansir TASS.



BRICS menawarkan berbagai isu-isu seperti peningkatan mekanisme BRICS, tata kelola global, perjuangan bersama melawan pandemi dan pemulihan ekonomi, para peserta mencapai beberapa hasil kelembagaan yang inovatif dan penting dan mengedepankan ide-ide yang menjanjikan dan strategis untuk mengatasi tantangan mendesak yang dihadapi umat manusia dan pengembangan BRICS di masa depan.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Ryabkov mengungkapkan sekitar 20 negara ingin bergabung dengan blok ekonomi BRICS. Dia menambahkan, meningkatnya jumlah negara yang mencari kerja sama dengan BRICS, akronim untuk anggota saat ini Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, menunjukkan pentingnya format kerja sama multilateral tersebut di arena global.

"Kita mendesak peserta BRICS lainnya untuk terbuka saat memutuskan untuk mengambil anggota baru, mencatat bahwa Rusia menyukai gagasan untuk mengambil negara-negara Arab dan Asia-Pasifik karena blok ekonomi kurang perwakilan mereka," katanya.

Berikut adalah 10 negara mayoritas Muslim yang mengajukan diri bergabung dengan BRICS.

1. Aljazair

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Pada 7 November 2022, Aljazair mengumumkan telah secara resmi mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS. Tawaran Aljazair segera disambut oleh dua raksasa blok itu, Rusia dan China.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menegaskan kembali dukungan negaranya untuk pencalonan Aljazair, menyatakan bahwa “dengan kualifikasinya, Aljazair adalah pesaing utama” untuk bergabung dengan BRICS.

Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune diundang untuk berbicara selama KTT BRICS terbaru yang diadakan secara virtual oleh China pada Juni 2022. Satu bulan kemudian, Tebboune menyatakan minat negaranya untuk bergabung.

Bagi Aljazair, bergabung dengan organisasi tersebut akan mempererat hubungannya dengan negara-negara anggota, terutama Rusia dan China, dan akan memperkuat posisi internasionalnya melalui sebuah kelompok yang diperkirakan akan berkontribusi pada 40% ekonomi dunia pada tahun 2030.

“Bergabung dengan BRICS akan membuat Aljazair lebih kuat secara ekonomi,” kata Tebboune.

Bergabung dengan BRICS juga bisa berarti kapasitas pinjaman baru untuk Aljazair, karena organisasi tersebut ingin mendukung Bank Pembangunan Baru, sistem pembiayaan alternatif untuk lembaga yang ada seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.

2. Mesir

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Duta Besar Rusia untuk Kairo Georgy Borisenko mengumumkan bahwa Mesir telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS.

“Mesir telah mengajukan permohonan untuk bergabung dengan grup BRICS karena salah satu upaya yang sedang dilakukan BRICS adalah mengalihkan perdagangan ke mata uang alternatif, baik itu mata uang nasional atau mata uang bersama yang baru. Mesir sangat tertarik dengan itu,” kata Borisenko .

Mesir ingin meningkatkan kerja sama perdagangan dan ekonomi dengan Rusia dan BRICS. "Mekanisme pembayaran baru sedang dibuat untuk transaksi perdagangan," ujar Borisenko.

Sebelumnya Presiden Mesir Abdel-Fattah El-Sisi menyetujui aksesi negara tersebut ke Bank Pembangunan Baru (NDB) dari blok BRICS, yang memungkinkan Kairo untuk bergabung dengan bank tersebut. Anggota parlemen Mesir menyambut baik kesepakatan tersebut karena BRICS bisa membantu negara yang dilanda krisis untuk mengurangi permintaan dolar AS.

3. Indonesia

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Indonesia mengajukan aplikasi menjadi anggota BRICS pada 2023.

Pada awal Juni lalu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan pernyataan secara virtual pada pertemuan para Menlu negara-negara BRICS dengan negara-negara mitra di Cape Town, Afrika Selatan.

Dalam pernyataannya, Menlu mengajak negara-negara BRICS untuk memperjuangkan hak pembangunan setiap negara dan memperkuat multilateralisme. Menlu menyampaikan bahwa saat ini dunia semakin terbelah ke dalam blok-blok yang saling berlawanan.

Kerja sama internasional gagal mengatasi tantangan-tantangan global, dan kepercayaan terhadap efektivitas multilateralisme makin surut. “Jika tren ini terus berlanjut, negara berkembang yang akan paling dirugikan. Kita semua memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki tatanan global yang tidak sehat ini. Dan BRICS berpotensi menjadi kekuatan yang positif untuk itu," kata Retno.


4. Iran

Melansir Al Monitor, Iran, yang memiliki cadangan gas terbesar kedua di dunia, pertama kali mengumumkan niatnya untuk bergabung dengan blok tersebut pada Juni 2022.

“Saya pikir Iran yang ingin bergabung dengan BRICS mencerminkan pandangan dunia pemimpin tertinggi tentang tatanan dunia yang semakin multipolar,” kata Jason Brodsky, peneliti di Middle East Institute.

Bergabungnya Iran, menurut Brodsky, terutama benar dalam upayanya untuk menciptakan saluran keuangan yang terisolasi dari tekanan Barat sebagai bagian dari konsep ekonomi perlawanannya. Dengan kemitraan Teheran yang semakin dalam dengan Rusia dan China, hubungan yang semakin hangat dengan Brasil terutama setelah pemilihan Lula, dan India serta Afrika Selatan melindungi perang di Ukraina, sepertinya ada peluang untuk bergabung dengan blok semacam itu.

Namun sejak Revolusi Islam 1979 yang menyaksikan penggulingan Shah Mohammad Reza Pahlavi yang didukung AS, Iran telah dikucilkan oleh Barat dan ekonominya terhambat oleh serangkaian sanksi internasional. Brodsky mengatakan bahwa pendekatan Iran ke BRICS tidak akan mengubah fakta bahwa sanksi AS tetap berlaku dan semua negara ini berisiko terkena sanksi tersebut.

“Ini mungkin membantu Teheran secara diplomatis, tetapi secara ekonomi keuntungannya akan jauh lebih sederhana,” tambahnya.

5. Arab Saudi

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Awal ketertarikan Saudi dengan BRICS adalah faktor New Development Bank (NDB) atau Bank-nya BRICS.

Bank berbasis di Shanghai sedang dalam pembicaraan dengan Arab Saudi untuk mengakui negara itu sebagai anggota kesembilan. "Di Timur Tengah, kami sangat mementingkan Kerajaan Arab Saudi dan saat ini terlibat dalam dialog yang memenuhi syarat dengan mereka," demikian keterangan NDB.

Keanggotaan akan memperkuat ikatan Riyadh dengan negara-negara BRICS pada saat Arab Saudi, pengekspor minyak mentah terbesar dunia, juga mengejar hubungan yang lebih dekat dengan China. Presiden China Xi Jinping memuji “era baru” dalam hubungan kedua negara ketika dia mengunjungi kerajaan akhir tahun lalu, dan Beijing pada Maret 2023 menengahi kesepakatan antara Arab Saudi dan Iran untuk melanjutkan hubungan diplomatik.

6. Uni Emirat Arab

Jika Uni Emirat Arab (UEA) bergabung dengan BRICS, kemungkinan besar negara penghasil minyak lainnya akan mengikuti. "Hal ini dapat menyebabkan penurunan permintaan dolar yang signifikan, yang selanjutnya akan melemahkan dolar," demikian analisis dari Eurasia Review.

Jika BRICS menciptakan mata uangnya sendiri, hal itu akan mengurangi permintaan dolar AS dan karena itu akan melemahkan posisi dolar AS sebagai mata uang cadangan dunia. Hal ini akan mempersulit AS untuk membiayai defisit anggarannya dan juga akan mempersulit pemerintah AS untuk menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap negara lain.

Secara keseluruhan, implikasi potensial dari UEA bergabung dengan BRICS memiliki banyak segi. Meskipun dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi negara, hal itu juga dapat menyebabkan meningkatnya ketegangan dengan AS dan kekuatan Barat lainnya, serta dapat menimbulkan pertanyaan tentang nilai dan prinsip yang mendasari kelompok tersebut.

7. Afghanistan

Afghanistan berada di bawah kendali Taliban sejak September 2021. Taliban telah mengumumkan Negara Islam Afghanistan, tetapi belum diakui secara resmi.

Itulah yang menjadikan Afghanistan ingin bergabung dengan BRICS sehingga mendapatkan pengakuan dari negara lain.

Dengan populasi 40 juta jiwa, negara ini adalah salah satu yang terbesar di Asia Tengah, tetapi perang selama puluhan tahun telah menjadikan Afghanistan sebagai salah satu negara termiskin dan terbelakang di dunia.

Potensi BRICS, perannya yang meningkat dalam ekonomi dunia, restrukturisasi geopolitik global yang sedang berlangsung, dan penguatan kerja sama ekonomi dan keuangan telah disambut baik oleh banyak orang di Afghanistan.

Meskipun BRICS bukan aliansi resmi, mereka memiliki minat yang sama dalam memperkuat kerja sama ekonomi. Hubungan ekonomi yang lebih dekat antara anggota BRICS dan pemain penting di kawasan, perluasan hubungan Afghanistan dengan anggota BRICS.

Menurut pejabat Taliban, keanggotaan Afghanistan di BRICS akan memberikan lebih banyak legitimasi dan keamanan. Bahkan, memperkuat peran BRICS New Development Bank (NDB) sebagai alternatif dari kebijakan luar negeri Barat secara keseluruhan, termasuk peran mereka dalam mengarahkan Dana Moneter Internasional, dan Bank Dunia dipandang penting bagi sebagian besar calon anggota tersebut. sebagai Afganistan.

8. Bangladesh

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Dhaka Tribune melaporkan, Bangladesh telah mengajukan permintaan resmi untuk bergabung dengan koalisi BRICS pada Selasa (20/6/2023).

Permintaan ini disampaikan setelah pertemuan antara perdana menteri Sheikh Hasina dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa di Jenewa pada awal Juni 2023.

Karena Bangladesh secara resmi mendaftar untuk bergabung dengan koalisi BRICS, karena tertarik menggunakan mata uangnya untuk perdagangan. Memang akan muncul kekhawatiran atas potensi implikasi dominasi dolar AS dalam transaksi internasional.

Dengan tujuan untuk mendiversifikasi sistem keuangan mereka, negara-negara BRICS pasti akan mempelajari potensi manfaat dan tantangan yang terkait dengan adopsi bitcoin sebagai mata uang alternatif yang layak selama KTT.

Ketertarikan yang tumbuh seputar mata uang BRICS dan potensi perluasan aliansi siap untuk membawa transformasi substansial di arena ekonomi global.

9. Pakistan

Di tengah krisis ekonomi yang mendalam dan terhentinya pembicaraan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk mendapatkan pinjaman, Pakistan telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan BRICS. Pakistan pun berharap besar terhadap BRICS.

Pakistan Today melaporkan, aspirasi Islamabad akan dibahas pada pertemuan puncak kelompok itu di Afrika Selatan pada Agustus mendatang.

Namun demikian, adanya India yang dikenal sebagai musuh bebuyutan Pakistan menjadi hal lain. Ada ketakutan di antara pengelompokan bahwa setiap upaya untuk memasukkan Pakistan sebagai bagian dari pengelompokan dapat melemahkan kredibilitas BRICS dengan menarik diri India dari partisipasi sukarela dalam pengelompokan tersebut.

10. Turki

10 Negara Mayoritas Muslim yang Mengajukan Diri Bergabung BRICS

Foto/Reuters

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pernah mengatakan negaranya memiliki hubungan khusus dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Erdogan membahas hubungan tersebut ketika ditanya tentang seruan agar Ankara, ibu kota, untuk membantu sanksi Barat terhadap negara tersebut.

Sekarang, menyusul pernyataan dari presidennya, Turki dapat bergabung dengan BRICS dan mengadopsi mata uangnya yang berkembang pada 2023. Berbicara kepada CNN, Erdogan menghadapi seruan untuk membantu sanksi Barat. Jadi, berbicara tentang hubungan negara dengan Rusia sebagai hubungan yang positif.

“Kami tidak berada pada titik di mana kami akan menjatuhkan sanksi terhadap Rusia seperti yang telah dilakukan Barat. Kami tidak terikat oleh sanksi Barat,” kata Erdogan. Dia kemudian menambahkan, “Kami adalah negara yang kuat, dan kami memiliki hubungan positif dengan Rusia.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)