Terungkap, Putin Berupaya Habisi Pembelot Rusia di Amerika Serikat

Rabu, 21 Juni 2023 - 02:07 WIB
loading...
A A A
Poteyev tampaknya menghilang, tetapi pada satu titik, intelijen Rusia mengirim agen ke Amerika Serikat untuk menemukannya, meskipun niatnya tetap tidak jelas. Pada tahun 2016, media Rusia melaporkan bahwa dia telah meninggal, yang diyakini oleh beberapa ahli intelijen sebagai taktik untuk mengusirnya. Memang, Poteyev masih hidup, tinggal di daerah Miami.

Tahun itu, dia memperoleh izin memancing dan terdaftar sebagai Republikan sehingga dia bisa memilih, semuanya dengan nama aslinya, menurut catatan negara bagian. Pada tahun 2018, sebuah outlet berita melaporkan keberadaan Poteyev.

Kekhawatiran CIA bukannya tidak beralasan. Pada 2019, Rusia melakukan operasi rumit untuk menemukan Poteyev, memaksa seorang ilmuwan dari Oaxaca, Meksiko, untuk membantu.

Ilmuwan, Hector Alejandro Cabrera Fuentes, adalah mata-mata yang tidak terduga. Dia mempelajari mikrobiologi di Kazan, Rusia, dan kemudian meraih gelar doktor dalam bidang tersebut dari Universitas Giessen di Jerman. Dia adalah sumber kebanggaan bagi keluarganya, dengan sejarah pekerjaan amal dan tidak ada masa lalu kriminal.

Tetapi Rusia menggunakan mitra Fuentes sebagai pengungkit. Dia memiliki dua istri: seorang Rusia yang tinggal di Jerman dan satu lagi di Meksiko.

Menurut dokumen pengadilan, pada 2019, istri asal Rusia dan kedua putrinya tidak diizinkan meninggalkan Rusia karena mereka mencoba kembali ke Jerman.

Bulan Mei itu, ketika Fuentes melakukan perjalanan untuk mengunjungi mereka, seorang pejabat Rusia menghubunginya dan meminta untuk bertemu dengannya di Moskow. Pada satu pertemuan, pejabat itu mengingatkan Fuentes bahwa keluarganya terjebak di Rusia dan menurut dokumen pengadilan, "kita bisa saling membantu".

Beberapa bulan kemudian, pejabat Rusia meminta Fuentes untuk mengamankan sebuah kondominium di utara Pantai Miami, tempat tinggal Poteyev. Diinstruksikan untuk tidak menyewa apartemen atas namanya, Fuentes memberikan USD20.000 kepada rekanan untuk melakukannya.

Pada Februari 2020, Fuentes melakukan perjalanan ke Moskow, di mana dia bertemu lagi dengan pejabat Rusia, yang memberikan deskripsi tentang kendaraan Poteyev. Fuentes, kata orang Rusia itu, harus menemukan mobil itu, mendapatkan nomor pelatnya, dan mencatat lokasi fisiknya. Dia menyarankan Fuentes untuk tidak mengambil gambar, mungkin untuk menghilangkan bukti yang memberatkan.

Tapi Fuentes menggagalkan operasi itu. Mengemudi ke dalam kompleks, dia mencoba melewati gerbang masuknya dengan mengikuti kendaraan lain, menarik perhatian keamanan. Ketika dia diinterogasi, istrinya pergi untuk memotret pelat nomor Poteyev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)