Terungkap, Putin Berupaya Habisi Pembelot Rusia di Amerika Serikat

Rabu, 21 Juni 2023 - 02:07 WIB
loading...
Terungkap, Putin Berupaya Habisi Pembelot Rusia di Amerika Serikat
Presiden Vladimir Putin disebut berupaya membunuh pembelot Rusia di Amerika Serikat dalam operasi klandestein. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Saat Presiden Rusia Vladimir Putin mengejar musuh di luar negeri, para agen intelijennya sekarang tampak siap untuk melewati batas yang sebelumnya mereka hindari: mencoba membunuh seorang informan berharga bagi pemerintah Amerika Serikat (AS) di tanah Amerika.

Operasi klandestin, yang berusaha melenyapkan seorang informan CIA di Miami yang pernah menjadi pejabat tinggi intelijen Rusia lebih dari satu dekade sebelumnya, merupakan ekspansi yang "kurang ajar" dari kampanye pembunuhan yang ditargetkan oleh Putin.

Itu juga menandakan titik rendah yang berbahaya bahkan di antara badan intelijen yang telah lama memiliki sejarah yang tegang.

“Garis merah sudah lama hilang untuk Putin,” kata Marc Polymeropoulos, mantan perwira CIA yang mengawasi operasi di Eropa dan Rusia, seperti dikutip dari The New York Times, Rabu (21/6/2023). "Dia ingin semua orang ini mati."



Upaya pembunuhan itu gagal, tetapi akibatnya sebagian berubah menjadi balas dendam "tit-for-tat" oleh Amerika Serikat dan Rusia. Demikian diungkap tiga mantan pejabat senior AS yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas aspek-aspek plot yang dimaksudkan untuk dirahasiakan.

Konsekuensi sanksi dan pengusiran, termasuk pejabat tinggi intelijen di Moskow dan Washington, menyusul.

Target yang ingin dibunuh adalah Aleksandr Poteyev, mantan perwira intelijen Rusia yang mengungkapkan informasi yang mengarah pada penyelidikan FBI selama bertahun-tahun yang pada tahun 2010 menjerat 11 mata-mata yang tinggal di bawah perlindungan yang dalam di pinggiran kota dan kota-kota di sepanjang Pantai Timur AS.

Ke-11 mata-mata itu menggunakan nama palsu dan melakukan pekerjaan biasa sebagai bagian dari upaya ambisius SVR, badan intelijen asing Rusia, untuk mengumpulkan informasi dan merekrut lebih banyak agen.

Sesuai dengan upaya administrasi Barack Obama—presiden AS saat itu—untuk mengatur ulang hubungan, sebuah kesepakatan dicapai untuk meredakan ketegangan: sepuluh dari 11 mata-mata ditangkap dan diusir ke Rusia.

Sebagai gantinya, Moskow membebaskan empat tahanan Rusia, termasuk Sergei Skripal, mantan kolonel di dinas intelijen militer yang dihukum pada 2006 karena menjual rahasia ke Inggris.

Tawaran untuk membunuh Poteyev terungkap dalam edisi Inggris dari buku "Spies: The Epic Intelligence War Between East and West",yang akan diterbitkan oleh penerbit Little, Brown and Company pada 29 Juni.

Buku ini ditulis oleh Calder Walton, seorang sarjana keamanan nasional dan intelijen di Harvard. The New York Times secara independen mengonfirmasi pekerjaannya dan melaporkan untuk pertama kalinya tentang dampak pahit dari operasi tersebut, termasuk tindakan pembalasan yang terjadi setelah terungkap.

Menurut buku Walton, seorang pejabat Kremlin menegaskan bahwa pembunuh bayaran hampir pasti akan memburu Poteyev. RamĂłn Mercader, seorang agen Josef Stalin, menyelinap ke ruang kerja Leon Trotsky di Mexico City pada tahun 1940 dan menancapkan kapak es ke kepalanya. Berdasarkan wawancara dengan dua pejabat intelijen AS, Walton menyimpulkan bahwa operasi tersebut adalah awal dari "Mercader modern" yang dikirim untuk membunuh Poteyev.

Menurut seorang mantan pejabat intelijen,Rusia telah lama menggunakan pembunuh untuk membungkam mereka yanag dianggap sebagai musuh. Salah satu yang paling terkenal di markas SVR di Moskow adalah Kolonel Grigory Mairanovsky, seorang ahli biokimia yang bereksperimen dengan racun mematikan.

Putin, seorang mantan perwira KGB, tidak merahasiakan kebenciannya yang mendalam terhadap para pembelot di antara jajaran intelijen, terutama mereka yang membantu Barat.

Peracunan Skripal di tangan agen-agen Rusia di Salisbury, Inggris, pada 2018 menandakan peningkatan taktik Moskow dan meningkatkan kekhawatiran bahwa mereka tidak akan ragu untuk melakukan hal yang sama di pantai Amerika.

Serangan itu, yang menggunakan agen saraf untuk membuat Skripal dan putrinya sakit, memicu gelombang pengusiran diplomatik di seluruh dunia ketika Inggris menggalang dukungan sekutunya dalam upaya mengeluarkan tanggapan yang kuat.

Insiden tersebut memicu alarm di dalam CIA, di mana para pejabat khawatir mantan mata-mata yang telah pindah ke Amerika Serikat, seperti Poteyev, akan segera menjadi sasaran.

Putin telah lama bersumpah untuk menghukum Poteyev. Tapi sebelum dia bisa ditangkap, Poteyev melarikan diri ke Amerika Serikat, di mana CIA memukimkannya kembali di bawah program yang sangat rahasia yang dimaksudkan untuk melindungi mantan mata-mata. Pada 2011, pengadilan Moskow menjatuhkan hukuman secara in absentia selama beberapa dekade penjara.

Poteyev tampaknya menghilang, tetapi pada satu titik, intelijen Rusia mengirim agen ke Amerika Serikat untuk menemukannya, meskipun niatnya tetap tidak jelas. Pada tahun 2016, media Rusia melaporkan bahwa dia telah meninggal, yang diyakini oleh beberapa ahli intelijen sebagai taktik untuk mengusirnya. Memang, Poteyev masih hidup, tinggal di daerah Miami.

Tahun itu, dia memperoleh izin memancing dan terdaftar sebagai Republikan sehingga dia bisa memilih, semuanya dengan nama aslinya, menurut catatan negara bagian. Pada tahun 2018, sebuah outlet berita melaporkan keberadaan Poteyev.

Kekhawatiran CIA bukannya tidak beralasan. Pada 2019, Rusia melakukan operasi rumit untuk menemukan Poteyev, memaksa seorang ilmuwan dari Oaxaca, Meksiko, untuk membantu.

Ilmuwan, Hector Alejandro Cabrera Fuentes, adalah mata-mata yang tidak terduga. Dia mempelajari mikrobiologi di Kazan, Rusia, dan kemudian meraih gelar doktor dalam bidang tersebut dari Universitas Giessen di Jerman. Dia adalah sumber kebanggaan bagi keluarganya, dengan sejarah pekerjaan amal dan tidak ada masa lalu kriminal.

Tetapi Rusia menggunakan mitra Fuentes sebagai pengungkit. Dia memiliki dua istri: seorang Rusia yang tinggal di Jerman dan satu lagi di Meksiko.

Menurut dokumen pengadilan, pada 2019, istri asal Rusia dan kedua putrinya tidak diizinkan meninggalkan Rusia karena mereka mencoba kembali ke Jerman.

Bulan Mei itu, ketika Fuentes melakukan perjalanan untuk mengunjungi mereka, seorang pejabat Rusia menghubunginya dan meminta untuk bertemu dengannya di Moskow. Pada satu pertemuan, pejabat itu mengingatkan Fuentes bahwa keluarganya terjebak di Rusia dan menurut dokumen pengadilan, "kita bisa saling membantu".

Beberapa bulan kemudian, pejabat Rusia meminta Fuentes untuk mengamankan sebuah kondominium di utara Pantai Miami, tempat tinggal Poteyev. Diinstruksikan untuk tidak menyewa apartemen atas namanya, Fuentes memberikan USD20.000 kepada rekanan untuk melakukannya.

Pada Februari 2020, Fuentes melakukan perjalanan ke Moskow, di mana dia bertemu lagi dengan pejabat Rusia, yang memberikan deskripsi tentang kendaraan Poteyev. Fuentes, kata orang Rusia itu, harus menemukan mobil itu, mendapatkan nomor pelatnya, dan mencatat lokasi fisiknya. Dia menyarankan Fuentes untuk tidak mengambil gambar, mungkin untuk menghilangkan bukti yang memberatkan.

Tapi Fuentes menggagalkan operasi itu. Mengemudi ke dalam kompleks, dia mencoba melewati gerbang masuknya dengan mengikuti kendaraan lain, menarik perhatian keamanan. Ketika dia diinterogasi, istrinya pergi untuk memotret pelat nomor Poteyev.

Fuentes dan istrinya disuruh pergi, tetapi kamera keamanan menangkap kejadian itu. Dua hari kemudian, dia mencoba terbang ke Meksiko, tetapi petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS menghentikannya dan menggeledah poselnya, menemukan gambar kendaraan Poteyev.

Setelah ditangkap, Fuentes memberikan perincian rencana tersebut kepada penyelidik Amerika. Dia yakin pejabat Rusia yang dia temui bekerja untuk FSB, dinas keamanan internal Rusia. Tapi operasi rahasia di luar negeri biasanya dijalankan oleh SVR, yang menggantikan KGB, atau GRU, badan intelijen militer Rusia.

Salah satu mantan pejabat mengatakan Fuentes, yang tidak menyadari pentingnya target, hanya mengumpulkan informasi untuk digunakan Rusia nanti.

Pengacara Fuentes, Ronald Gainor, menolak berkomentar.

Plot tersebut, bersama dengan aktivitas Rusia lainnya, mendapat tanggapan keras dari pemerintah AS. Dua mantan pejabat AS mengatakan, pada April 2021, Amerika Serikat menjatuhkan sanksi dan mengusir 10 diplomat Rusia, termasuk kepala stasiun SVR, yang berbasis di Washington dan memiliki sisa dua tahun dalam turnya.

Menurut para pejabat, membuang kepala stasiun bisa sangat mengganggu operasi intelijen, dan pejabat badan tersebut menduga bahwa Rusia kemungkinan akan melakukan pembalasan terhadap mitranya dari Amerika di Moskow, yang hanya tinggal beberapa minggu lagi dalam peran itu.

“Kami tidak dapat membiarkan kekuatan asing ikut campur dalam proses demokrasi kami dengan impunitas,” kata Presiden Joe Biden di Gedung Putih saat mengumumkan hukuman tersebut. Dia tidak menyebutkan plot yang melibatkan Fuentes.

Benar saja, Rusia mengusir 10 diplomat Amerika, termasuk kepala stasiun CIA di Moskow.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)