4 Perang Terbesar di Benua Asia Sepanjang Sejarah, Jutaan Jiwa Jadi Korban

Jum'at, 16 Juni 2023 - 21:00 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 1644, Beijing dikalahkan. Setelahnya, Dinasti Qing mulai terbentuk dan berusaha menegakan kekuasaan di seluruh wilayah.

Namun, ternyata butuh waktu hingga tahun 1683 bagi Dinasti Qing untuk membangun otoritasnya di seluruh China. Selama periode tersebut, hampir 25 juta orang tewas menjadi korban.


3. Perang Vietnam


Perang Vietnam merupakan konflik panjang yang mengadu pemerintah komunis Vietnam Utara melawan Vietnam Selatan yang didukung Amerika Serikat. Mengutip laman History, diperkirakan lebih dari 3 juta orang tewas dalam perang ini, termasuk warga sipil tak berdosa.

Perang Vietnam berawal dari kekalahan Jepang di Perang Dunia II. Saat itu, mereka harus menarik pasukannya dari Vietnam dan meninggalkan Bao Dai yang dididik Prancis untuk memimpin.

Melihat peluang, pasukan Viet Minh Ho bangkit dan mendeklarasikan Republik Demokratik Vietnam. Tak terima, Bao Dao meminta dukungan Prancis dan mendirikan negara Vietnam pada 1949.


4. Perang Saudara China


Perang Saudara China terjadi antara tahun 1946-1950. Bukan lagi antar-dinasti atau melawan Jepang, konflik ini melibatkan Partai Komunis China dan Kaum Nasionalis Kuomintang.

Pasca-kekalahan Jepang di Perang Dunia II, Partai Komunis China dan Kaum Nasionalis setuju melakukan pembicaraan damai. Namun tak berselang lama, keduanya berebut kekuasaan.

Perang memuncak ketika Partai Komunis China pimpinan Mao Zedong merebut Beijing dan mendeklarasikan pembentukan Republik Rakyat China. Pada akhirnya, pemimpin kubu nasionalis, yakni Chiang Kai-shek terpaksa mundur ke Taiwan dan mendirikan pemerintahan alternatif bernama Republik of China (ROC).

Perang saudara ini menimbulkan penderitaan besar, khususnya warga sipil China. Tak hanya memakan jutaan korban jiwa, civil war ini juga meruntuhkan ekonomi serta membuat jutaan warga lain mengungsi.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)