4 Perang Terbesar di Benua Asia Sepanjang Sejarah, Jutaan Jiwa Jadi Korban

Jum'at, 16 Juni 2023 - 21:00 WIB
loading...
4 Perang Terbesar di Benua Asia Sepanjang Sejarah, Jutaan Jiwa Jadi Korban
Perang Vietnam menjadi satu dari empat perang terbesar yang pernah pecah di benua Asia. Foto/Department of Army/National Archives
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya empat perang terbesar di benua Asia sepanjang sejarah. Tak hanya dari intensitasnya saja, status terbesar ini juga mengarah ke korban jiwa yang ditimbulkan.

Sejarah mencatat telah terjadi berbagai peperangan besar di dunia. Dari sekian banyak, sebut saja seperti Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang 100 Tahun, dan lain sebagainya.

Di luar itu, ternyata ada sederet perang besar yang bertempat di benua Asia. Berikut beberapa di antaranya.



Perang Terbesar di Benua Asia Sepanjang Sejarah


1. Perang China-Jepang Kedua


Dikenal juga sebagai The Second Sino-Japanese War, konflik ini terjadi antara tahun 1937 hingga 1940-an. Mengutip Alpha History, perang ini disebut Beijing sebagai bentuk perlawanan rakyat melawan agresi Jepang.

Keruntuhan Dinasti Qing pada 1911 melemahkan China. Sementara di sisi lain, Jepang sedang membutuhkan banyak sumber daya alam dan melihat potensi di China.

Jepang melakukan invasi militer ke Manchuria. Untuk memuluskan rencana, mereka juga mendirikan negara boneka ilegal bernama Manchukuo. Setelahnya, muncul perlawanan dari China untuk melawan dominasi Jepang.

Akhir tahun 1937, pemerintah nasionalis China dipukul mundur dari ibu kota Nanjing. Selama menduduki Nanking, Jepang banyak melakukan kebrutalan termasuk membantai ratusan ribu warga sipil dan memerkosa puluhan ribu wanita.

Tak hanya itu, ribuan orang China juga tewas dalam pengeboman Jepang yang membabi buta di kota-kotanya. Pada tahun 1940, perang menemui jalan buntu.

Di satu sisi, Jepang kesulitan memaksakan kemenangannya karena perlawan yang terus-menerus. Sementara China jelas kurang mampu untuk mengusir pasukan Nippon. Namun setelahnya, arah perang berubah pasca-Jepang menyerang Pearl Harbour dan ikut menyulut Perang Dunia II.


2. Penaklukan Dinasti Ming


Penaklukan Dinasti Qing atas Dinasti Ming merupakan periode kekacauan ekstrem yang pernah terjadi di sejarah China. Setelah sekian lama berkuasa, Kekaisaran Ming mulai goyah pasca-munculnya pemberontakan.

Mengutip laman Insider, api pemberontakan bermula dari Manchuria, sebuah wilayah di timur laut China. Seiring waktu, jalannya pemberontakan terus menjalar hingga mendekati Beijing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)