8 Negara Ini Memberikan Kesempatan Warga Berstatus Dwi-kewarganegaraan Jadi Presiden

Senin, 15 Mei 2023 - 12:06 WIB
loading...
A A A
Penduduk Israel merupakan negara yang umumnya warganya berasal dari negara berbeda. Karena itu, tidak ada pembatasan bahwa PM atau presiden Israel harus kelahiran di negara tersebut.

Namun, untuk menjadi PM, warga dwi-kewarganegaraan harus menjalani wajib militer sebanyak dua tahun dan enam bulan.
Israel mengizinkan warganya memegang kewarganegaraan ganda. Tapi, ketika menjabat di pemerintahan harus melepas kewarganegaraan asing.



8. Somalia

8 Negara Ini Memberikan Kesempatan Warga Berstatus Dwi-kewarganegaraan Jadi Presiden

Foto/Reuters

Presiden Somalia Mohamed Abdullah Mohamed merupakan penduduk dengan kewarganegaraan ganda yakni Amerika Serikat (AS) dan Somalia. Jika kamu ingin menjadi presiden Somalia, dengan dua kewarganegaraan pun bisa terwujud.

Mohamed Abdullah Mohamed yang lahir di Somalia dan menghabiskan masa dewasanya di AS sejak 1980-an. Dia pernah bekerja di kementerian luar negeri Somalia. PAda 1985, dia pindah ke Washington dan bekerja di kedutaan besar Somalia selama empat tahun.

Mohamed mengajukan suaka pada 1988 dan pindah ke Buffalo, New York. Dia memiliki dua kewarganegaraan yakni Somalia dan AS. Dia menghabiskan waktu selama beberapa dekade bekerja di pemerintahan AS dalam berbagai level.

Pada 2010, Mohamed ditunjuk sebagai perdana menteri (PM) Somalia atas permintaan Presiden Sheikh Sharif Ahmed. Meskipun dia dilengserkan pada Juni 2011 karena pertarungan politik, dia justru mendapatkan dukungan dari mayoritas warga Somalia. Dia pun mencalonkan diri sebagai presiden Somalia meskipun sudah 30 tahun bekerja di AS.

Banyak negara Afrika lainnya memiliki pengalaman sama di mana diaspora kembali ke negaranya dan mendapatkan kekuasaan. Misalnya, Presiden Liberia Ellen Johnson-Sirleaf menjadi presiden pertama di Afrika pada 2006, padahal dia memiliki dua kewarganegaraan yakni Jerman dan Liberia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)