Lee Hsien Tunjuk Lawrence Wong Jadi Perdana Menteri Singapura

Senin, 15 April 2024 - 23:50 WIB
loading...
Lee Hsien Tunjuk Lawrence Wong Jadi Perdana Menteri Singapura
Lawrence Wong resmi menjadi Perdana Menteri (PM) Singapura gantikan Lee Hsien. FOTO/ CNA
A A A
SINGAPURA - Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong resmi akan menjadi Perdana Menteri (PM) Singapura pada 15 Mei 2024, usai PM Singapura Lee Hsien mengumumkan mengundurkan diri.



“Saya akan melepaskan peran saya sebagai Perdana Menteri pada 15 Mei 2024 dan Wakil Perdana Menteri Lawrence Wong akan dilantik sebagai Perdana Menteri berikutnya pada hari yang sama,” kata Lee melalui media sosial, seperti dilansir dari CNA Senin (15/4/2024).

"Saya meminta seluruh warga Singapura untuk memberikan dukungan penuh kepada Lawrence dan timnya, dan bekerja sama dengan mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi Singapura."

Wong, yang juga menjabat Menteri Keuangan, tampaknya sudah dipersiapkan sebagai pengganti Lee pada tahun 2022 dari generasi baru anggota parlemen Partai Aksi Rakyat (PAP) yang berkuasa tanpa interupsi sejak kemerdekaan pada tahun 1965.

"Saya menerima tanggung jawab ini dengan kerendahan hati dan rasa tanggung jawab yang mendalam. Saya berjanji memberikan segalanya dalam upaya ini," kata Wong melalui media sosial.

Ekonom berusia 51 tahun dan lulusan AS ini secara luas dipandang sebagai orang yang paham media sosial dan secara efektif menangani krisis COVID-19 ketika ia mengawasi gugus tugas pandemi pemerintah.

Negara kota ini adalah salah satu negara pertama di Asia yang dengan cepat kembali bangkit ketika pandemi mereda pada tahun 2022, dengan bisnis dan pariwisata yang meningkat.

Pemilihan umum harus diadakan pada bulan November 2025 tetapi ada spekulasi bahwa pemilihan umum akan diadakan tahun ini.

Wakil Perdana Menteri Singapura dan Menteri Keuangan Lawrence Wong menghadiri "Google untuk
Pada pemilu sebelumnya pada tahun 2020, pihak oposisi menunjukkan kinerja terkuatnya sejak kemerdekaan namun nyaris tidak memberikan pengaruh di parlemen karena 83 dari 93 kursi dimenangkan oleh PAP.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)