Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?

Kamis, 25 April 2024 - 15:45 WIB
loading...
Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?
PM Spanyol Pedro Sanchez memilih cuti dari tugasnya. Foto/AP
A A A
BARCELONA - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez mengatakan dia akan menangguhkan tugas publik hingga minggu depan untuk memutuskan apakah dia ingin terus memimpin pemerintahan setelah pengadilan meluncurkan penyelidikan awal terhadap istrinya.

Sanchez, yang tahun lalu mendapatkan masa jabatan lagi untuk Partai Pekerja Sosialis Spanyol (PSOE) sebagai pemimpin pemerintahan koalisi minoritas, mengatakan dia akan mengumumkan keputusannya pada Senin, 29 April.

"Saya sangat membutuhkan jawaban atas pertanyaan apakah layak... memimpin pemerintahan atau meninggalkan kehormatan ini," tulisnya dalam surat yang dibagikan di akun X-nya.

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?

1. Istri PM Sanchez Diduga Terlibat Korupsi

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?

Foto/AP

Melansir Reuters, Pengadilan Spanyol mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa pihaknya telah meluncurkan penyelidikan awal terhadap istrinya, Begona Gomez, atas dugaan penyelundupan pengaruh dan korupsi bisnis menyusul pengaduan yang diajukan oleh kelompok kampanye anti-korupsi Manos Limpias - Clean Hands - yang pemimpinnya memiliki hubungan dengan pihak-pihak yang jauh di atas. Kanan.

Pengadilan tidak memberikan rincian lebih lanjut karena kasus ini masih dalam tahap awal dan tertutup.

Manos Limpias menuduh Gomez menggunakan pengaruhnya sebagai istri perdana menteri untuk mendapatkan sponsor bagi program gelar master di universitas yang ia jalankan.

Manos Limpias menggunakan instrumen hukum unik Spanyol yang dikenal sebagai "tuduhan rakyat" untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap pihak ketiga. Hakim dapat memilih apakah akan menindaklanjuti pengaduan tersebut atau tidak, dan tidak semua tuduhan mengarah pada penyelidikan yudisial.

Beberapa media melaporkan pada hari Rabu bahwa direktur dua outlet berita online yang awalnya menerbitkan klaim dugaan kesalahan Gomez akan bersaksi sebagai saksi.

2. Ada Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?

Foto/AP

Manos Limpias mengklaim - mengutip laporan surat kabar online - bahwa Gomez menerima bantuan dari maskapai penerbangan Air Europa dan perusahaan induk Spanyol Globalia selama dia menjabat sebagai direktur pusat penelitian Afrika di sekolah bisnis IE Madrid hingga tahun 2022, menurut stasiun radio Cadena Ser, yang membagikan dokumen yang dikatakan sebagai keluhan hukum di situs webnya.

IE mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak pernah menerima dukungan finansial apa pun dari Globalia atau entitasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)