Profil Lawrence Wong, Perdana Menteri Baru Singapura

Jum'at, 19 April 2024 - 13:18 WIB
loading...
Profil Lawrence Wong, Perdana Menteri Baru Singapura
Lawrence Wong, politisi yang akan menjabat sebagai perdana menteri baru Singapura pada 15 Mei 2024. Foto/REUTERS
A A A
SINGAPURA - Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong baru-baru ini mengungkapkan bahwa dia akan menyerahkan kekuasaan kepada penerus terpilihnya, Lawrence Wong, pada 15 Mei 2024, menjelang pemilu mendatang—yang dijadwalkan pada tahun depan.

Wong, yang telah ditunjuk sebagai calon PM sejak April 2022, mengambil peran tersebut setelah pengunduran diri pewaris sebelumnya yang tidak terduga dan tiba-tiba. Saat ini posisinya masih Wakil PM Singapura.

Siapa Lawrence Wong?


Lawrence Wong (51) adalah Anggota Parlemen Marsiling-Yew Tee GRC. Dia memasuki dunia politik selama pemilu 2011 ketika dia berkompetisi sebagai bagian dari tim People's Action Party yang beranggotakan lima orang di West Coast GRC.

Dia pernah menjabat berbagai posisi di Kementerian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda, Kementerian Pembangunan Nasional, dan Kementerian Pendidikan.

Sesuai bio Instagram-nya, Wong adalah “kutu buku, pemain gitar, dan pecinta anjing”.

Menurut NDTV, setelah menyelesaikan pendidikan awalnya di Tanjong Katong Secondary School dan Victoria Junior College, Wong melanjutkan ke University of Wisconsin-Madison untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi.

Wong menyelesaikan gelar Magister Ekonomi dari University of Michigan-Ann Arbor. Dia juga bersekolah di Harvard Kennedy School. Dia menyelesaikan gelar Magister Administrasi Publik.

Wong, sebelum terjun ke dunia politik, bekerja sebagai pegawai negeri. Dia adalah Kepala Eksekutif Otoritas Pasar Energi dan Sekretaris Utama Swasta Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Sebagai salah satu ketua Satuan Tugas Multi-Kementerian untuk Penanganan Covid-19, Wong mengawasi respons Pemerintah Singapura terhadap pandemi ini.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)