11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Jum'at, 21 April 2023 - 11:18 WIB
loading...
A A A
Selain itu, konflik ini juga berdampak pada stabilitas di kawasan Afrika Tengah dan Timur, termasuk meningkatnya militansi di Kongo dan sekitarnya.

Konflik ini berakhir pada tahun 2003 setelah ditandatanganinya Perjanjian Sun City, yang mengakhiri perang saudara dan membuka jalan bagi pemilihan umum yang diikuti oleh semua pihak.

10. Perang Saudara Yaman (2015-sekarang)


Perang Saudara Yaman dimulai pada tahun 2015 dan masih berlangsung hingga sekarang antara pemerintah Yaman yang didukung koalisi militer internasional dan kelompok pemberontak Houthi yang didukung Iran.

Konflik ini berawal dari ketidakpuasan kelompok Houthi terhadap pemerintahan yang didominasi kelompok Sunni di Yaman dan meningkatnya ketegangan politik dan etnis di negara tersebut.

11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia


Konflik ini menelan korban sekitar 233.000 jiwa dan menyebabkan krisis kemanusiaan yang besar di Yaman.

Perang Saudara Yaman memiliki dampak yang signifikan pada stabilitas di kawasan Timur Tengah dan kemanusiaan di Yaman.

Konflik ini menyebabkan kehancuran ekonomi dan infrastruktur di Yaman serta menimbulkan krisis kemanusiaan yang besar, termasuk kelaparan dan wabah penyakit yang merajalela.

Selain itu, konflik ini juga menimbulkan ketegangan regional antara Arab Saudi dan Iran yang masing-masing mendukung pihak yang berbeda dalam konflik ini.

Meskipun telah ada beberapa upaya untuk mengakhiri konflik, perang saudara di Yaman masih berlangsung hingga saat ini.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)