11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Jum'at, 21 April 2023 - 11:18 WIB
loading...
A A A
Konflik ini memiliki akar yang kompleks, termasuk perbedaan politik, agama, dan etnis antara kedua belah pihak.

Konflik ini menelan korban sekitar 500.000 jiwa dan mengakibatkan kehancuran infrastruktur dan masyarakat di Angola.

Perang Saudara Angola memiliki dampak yang signifikan pada sejarah Angola dan kawasan sekitarnya. Konflik ini menyebabkan kehancuran ekonomi dan sosial di Angola serta menimbulkan krisis kemanusiaan yang besar di negara tersebut.

Selain itu, konflik ini juga berdampak pada stabilitas di kawasan Afrika Selatan dan Tenggara, termasuk meningkatnya militansi di Angola dan sekitarnya.

Konflik ini berakhir pada tahun 2002 setelah ditandatanganinya Perjanjian Luena yang mengakhiri perang saudara dan membuka jalan bagi pemilihan umum yang diikuti oleh UNITA.

9. Perang Saudara Kongo (1998-2003)


Perang Saudara Kongo dimulai pada tahun 1998 dan berlangsung selama lima tahun antara pemerintah Kongo yang didukung pasukan Rwanda dan Uganda dan kelompok pemberontak yang didukung pasukan Zimbabwe dan Angola.

11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia


Konflik ini memiliki akar yang kompleks, antara lain perbedaan etnis dan ekonomi, serta kepentingan politik dan militer di kawasan Afrika Tengah.

Konflik ini menelan korban sekitar 5,4 juta jiwa dan mengakibatkan kehancuran infrastruktur dan masyarakat di Kongo.

Perang Saudara Kongo memiliki dampak yang signifikan pada sejarah Kongo dan kawasan sekitarnya. Konflik ini menyebabkan kehancuran ekonomi dan sosial di Kongo serta menimbulkan krisis kemanusiaan yang besar di negara tersebut.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)