11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

Jum'at, 21 April 2023 - 11:18 WIB
loading...
A A A
Konflik ini berakhir pada tahun 2009 setelah pemerintah Sri Lanka berhasil mengalahkan kelompok separatis Tamil Eelam. Namun konflik antara kelompok Sinhala dan Tamil masih terus berlanjut hingga saat ini.

7. Perang Saudara Libya (2011-2014)


Perang Saudara Libya dimulai pada tahun 2011 setelah Barat mendorong masyarakat Libya memberontak terhadap pemerintahan Muammar Gaddafi yang berkuasa selama 42 tahun.

11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia


Konflik ini melibatkan sejumlah kelompok pemberontak dan milisi yang berbeda-beda, termasuk kelompok etnis, ideologi, dan regional.

Konflik ini berlangsung selama tiga tahun dan menelan korban sekitar 30.000 jiwa serta mengakibatkan kehancuran infrastruktur dan masyarakat di Libya.

Perang Saudara Libya memiliki dampak yang signifikan pada sejarah Libya dan kawasan sekitarnya. Konflik ini menyebabkan kehancuran ekonomi dan sosial di Libya serta menimbulkan krisis kemanusiaan yang besar di negara tersebut.

Selain itu, konflik ini juga berdampak pada stabilitas di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah, termasuk penyebaran radikalisme di Libya dan sekitarnya.

Konflik ini berakhir pada tahun 2014 setelah pemerintah Libya berhasil mengalahkan sebagian besar kelompok pemberontak, tetapi konflik antara kelompok bersenjata dan milisi masih terus berlanjut hingga saat ini.

8. Perang Saudara Angola (1975-2002)


Perang Saudara Angola dimulai pada tahun 1975 dan berlangsung selama lebih dari dua dekade antara pemerintah pro-komunis Angola dan gerakan separatis UNITA yang didukung oleh Amerika Serikat dan Afrika Selatan.

11 Perang Saudara Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)