Kecelakaan Kereta Picu Kemarahan di Yunani, 40 Ribu Demonstran Turun ke Jalan

Kamis, 16 Maret 2023 - 23:30 WIB
loading...
Kecelakaan Kereta Picu Kemarahan di Yunani, 40 Ribu Demonstran Turun ke Jalan
Kecelakaan Kereta Picu Kemarahan di Yunani, 40 Ribu Demonstran Turun ke Jalan. FOTO/Reuters
A A A
ATHENA - Puluhan ribu orang melakukan protes di seluruh Yunani pada Kamis (16/3/2023), ketika para pekerja melakukan pemogokan massal untuk menyuarakan kemarahan atas kecelakaan kereta api bulan lalu yang menewaskan 57 orang.

Seperti dilaporkan AFP, kecelakaan kereta api yang terjadi pada 28 Februari mengungkap kegagalan keamanan selama puluhan tahun di perkeretaapian Yunani. Kecelakaan itu juga telah memberikan tekanan besar pada pemerintah konservatif menjelang pemilihan nasional.



Polisi Yunani mengatakan, lebih dari 40.000 orang ambil bagian dalam aksi protes, termasuk 25.000 orang di Athena dan sekitar 8.500 di masing-masing kota terbesar berikutnya di negara itu, Thessaloniki dan Patras.

"Kejahatan ini tidak akan dilupakan," teriak para demonstran dari serikat komunis negara itu, PAME, saat massa berbaris di parlemen di ibu kota.

Para siswa meneriakkan "pembunuh" dan pengunjuk rasa melemparkan selebaran Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis yang mengenakan topi kepala stasiun, bertuliskan: "itu salah semua orang kecuali kesalahan saya".

"Hal-hal harus berubah di negara ini, kami tidak bisa meratapi semua kematian ini," kata pengunjuk rasa Athena Stavroula Hatzitheodorou, mengacu pada kebakaran hutan mematikan yang melanda Yunani dalam beberapa tahun terakhir serta kecelakaan kereta api.



Seorang kepala stasiun dan tiga pejabat kereta api lainnya telah didakwa. Namun, kemarahan publik telah terfokus pada salah urus jaringan yang telah berlangsung lama dan negara itu telah diguncang oleh serangkaian protes massa yang terkadang disertai kekerasan.

Selain 57 orang yang tewas, beberapa korban masih dirawat di rumah sakit, termasuk seorang penumpang yang sedang berjuang mempertahankan nyawanya.

Perusahaan milik negara Italia yang mengoperasikan layanan kereta api di Yunani, Hellenic Train, mengatakan mereka yang terluka dalam kecelakaan itu dan keluarga korban masing-masing akan mendapatkan antara €5.000 dan €42.000.

Ayah dari salah satu penumpang yang meninggal menolak tawaran tersebut. "Kami tidak menginginkan uang mereka. Ini adalah pembunuhan massal, saya menolak untuk menerima permintaan maaf dari para pembunuh," kata Pavlos Aslanidis kepada Alpha TV, Kamis.

"Seandainya ini negara yang serius, semua orang di kementerian transportasi akan diborgol," katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1768 seconds (0.1#10.140)