Tabrakan Kereta Api Tewaskan 43 Orang, Protes Meletus di Yunani

Kamis, 02 Maret 2023 - 17:47 WIB
loading...
Tabrakan Kereta Api Tewaskan 43 Orang, Protes Meletus di Yunani
Aksi protes meletus di Yunani setelah terjadinya tabrakan kereta api yang menewaskan 43 orang. Foto/BBC
A A A
ATHENA - Aksi protes meletus di Yunani atas kecelakaan kereta api yang menewaskan 43 orang. Sejumlah pihak memandang bahwa kecelakaan itu hanya tinggal menunggu waktu untuk terjadi.

Sebuah acara juga diadakan di Athena, di luar kantor Hellenic Train, perusahaan yang bertanggung jawab memelihara jalur kereta api Yunani. Namun keadaan keadaan berubah menjadi kekerasan, dengan polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa yang melempar batu dan menyalakan api di jalanan.

Protes juga terjadi di Thessaloniki dan kota Larissa, di dekat lokasi tabrakan terjadi pada Selasa malam.

Pemerintah Yunani mengatakan penyelidikan independen akan memberikan keadilan kepada para korban kecelakaan.

Tiga hari berkabung nasional telah diumumkan di seluruh negeri setelah insiden tersebut, di mana kereta penumpang menabrak kereta barang, menyebabkan gerbong depan terbakar. Gerbong depan kereta penumpang sebagian besar hancur.

Banyak dari 350 penumpang di dalamnya adalah pelajar berusia 20-an yang kembali ke Thessaloniki setelah akhir pekan yang panjang merayakan Prapaskah Ortodoks Yunani.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengatakan kesalahan manusia yang tragis harus disalahkan atas bencana tersebut.



Seorang kepala stasiun berusia 59 tahun di Larissa telah didakwa melakukan pembunuhan karena kelalaian. Dia membantah melakukan kesalahan, menyalahkan kecelakaan itu karena kesalahan teknis.

Anggota serikat pekerja percaya sistem keselamatan tidak berfungsi dengan baik, dengan peringatan berulang tentang hal ini selama bertahun-tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)