Eropa Akan Mendukung Ukraina Selama Ancaman Rusia Tetap Ada

Jum'at, 24 Februari 2023 - 07:20 WIB
loading...
Eropa Akan Mendukung Ukraina Selama Ancaman Rusia Tetap Ada
Eropa Akan Mendukung Ukraina Selama Ancaman Rusia Tetap Ada. FOTO/Reuters
A A A
NEW YORK - Uni Eropa sekali lagi mengesampingkan prospek pembicaraan damai dengan Rusia yang tidak didasarkan pada penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina .

“Ini bagi kami adalah kerangka (di dalam) yang harus dilakukan setiap diskusi,” kata Josep Borrell, perwakilan tinggi UE untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan, seperti dikutip dari Arab News, Kamis (23/2/2023).



"Kapan dan bagaimana? Aku tidak tahu. Tapi saya ingin memperjelas di sini, bahwa bukan kami yang menolak membuka jalan untuk negosiasi. Kami terbuka dan kami akan selalu terbuka,” lanjutnya.

Borrell berbicara di sela-sela sesi darurat Majelis Umum PBB yang menandai peringatan pertama dimulainya perang di Ukraina, di mana mayoritas dari 193 negara anggota memilih untuk mengadopsi resolusi Uni Eropa berjudul “Prinsip-prinsip Piagam PBB yang mendasari sebuah perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi di Ukraina.”

Tidak seperti resolusi Dewan Keamanan, resolusi ini tidak memiliki kekuatan hukum internasional yang mengikat di belakangnya, namun dapat berkontribusi lebih jauh terhadap semakin terisolasinya Rusia di panggung dunia.



Rancangan resolusi, yang disponsori oleh sekitar 60 negara, menyerukan diakhirinya permusuhan dan agar Rusia "segera, sepenuhnya, dan tanpa syarat" menarik pasukan militernya dari Ukraina. Ini menegaskan kembali “komitmen PBB terhadap kedaulatan, kemerdekaan, persatuan dan integritas wilayah Ukraina.”

Kiev mampu mengumpulkan dukungan yang luas untuk resolusi di antara negara-negara anggota PBB, seperti yang telah dilakukan pada tahun lalu untuk beberapa resolusi lain yang mencela tindakan Rusia.

Namun, Borrell tidak berangan-angan tentang kemungkinan teguran terbaru PBB ke Moskow akan menghasilkan resolusi cepat untuk konflik tersebut. “Sayangnya, saya khawatir perang akan berlanjut. Tapi saya tidak tahu apa yang akan terjadi atau kapan,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)