Cerita Malapetaka 17 Bom Nuklir Prancis Diledakkan di Sahara Aljazair

Senin, 30 Januari 2023 - 16:09 WIB
loading...
A A A
Salih mengatakan tahun 1960 juga dikenal sebagai "tahun kejutan", dan orang-orang serta rumah telah terkubur setelahnya.

“Situasi ini sudah berlangsung lama dan meninggalkan jejaknya hingga hari ini,” katanya. “Orang-orang telah menderita.”

Saada Jibril, seorang petani berusia 70 tahun dari desa Ghaddwah, mengatakan bahwa pada tahun 1960 hujan asam turun, membunuh unta dan menyerang orang dengan demam yang membunuh seluruh keluarga.

Salah satu yang terkena dampak adalah kakek Jibril yang mengalami demam dan meninggal dua hari kemudian. “Saya masih kecil, tapi saya masih ingat saat-saat menyakitkan itu,” katanya kepada MEE.

“Rasa sakit berlanjut hingga hari ini,” kata Mohammed Nasr, warga asal Fezzan, kepada MEE.

“Ratusan penderita kanker yang penyebabnya tidak diketahui masih bermunculan di Fezzan. Tidak ada hari berlalu tanpa menguburkan orang mati karena kanker.”

Nasr juga berbicara tentang tingkat kesuburan yang rendah pada generasi berikutnya setelah uji coba bom nuklir. Ini sebagian, katanya, karena hujan lebat adalah satu-satunya sumber air tanah di Fezzan karena kelangkaannya, dan sumbernya adalah gurun Aljazair, yang memperkuat hipotesis limbah nuklir yang terkubur.

Penelitian telah menemukan bahwa uji coba senjata nuklir tersebut mengakibatkan kontaminasi air tanah dan adanya radioaktivitas di sana.

Kelompok The Libyan Union Against Cancer mengatakan bahwa jumlah kasus kanker di selatan tinggi. Ini terutama berlaku untuk kanker paru-paru.

Omar Ali, seorang konsultan onkologi, mengatakan kepada MEE bahwa meskipun tidak ada statistik akurat yang berkaitan dengan jumlah penderita kanker di Libya, “jumlahnya sangat besar”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)