Cerita Malapetaka 17 Bom Nuklir Prancis Diledakkan di Sahara Aljazair

Senin, 30 Januari 2023 - 16:09 WIB
loading...
A A A
“Alasannya adalah pencemaran air dan udara oleh ledakan nuklir,” katanya.

Dampak ledakan nuklir biasanya datang dalam dua tahap: yang pertama adalah penyakit kulit dan alergi. Yang kedua adalah tumor kanker, yang diderita banyak orang di gurun Libya.

Abed Alfitory berusaha, dalam meneliti bukunya, untuk mengumpulkan catatan lisan di Fezzan, berbicara secara khusus kepada orang tua dan berkomunikasi dengan Profesor al-Aboudi.

Al-Aboudi menulis tentang efek jangka panjang dari ledakan nuklir, termasuk tumor, anomali kongenital, dan banyak lagi.

Dalam takdir yang kejam, Alfitory, yang telah melakukan banyak hal untuk mendokumentasikan rasa sakit orang-orang Fezzan dan yang melihat ayahnya terbunuh oleh uji coba nuklir, kini menderita tumor kanker.

Matanya dipenuhi dengan kesedihan saat dia berbicara dengan MEE tentang hal itu.

“Kemarin, ayah saya kehilangan penglihatannya, dan ini membuat saya sangat kesulitan. Hari ini, alasan yang sama telah mencegah saya untuk bergerak. Berapa banyak kejahatan yang menunggu generasi mendatang?”

Pada akhirnya, Alfitory tetap memikirkan ayah tercintanya, kenangan yang tersisa. “Cahaya yang memancar dari kebaikan ingatannya masih menghangatkan sudut sisi saya,” katanya kepada MEE.

“Dan saya masih seperti sebelum tidur dan antara fajar dan senja saya memejamkan mata dan berbicara dengannya. Ada hal-hal yang hanya bisa kita lihat dalam kegelapan, dan ingatannya masih berbisik di telingaku, kata-kata terakhirnya saat berada di ranjang kematiannya, momen perpisahan, betapa sulitnya kehilangan seorang ayah.”
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)