Cerita Malapetaka 17 Bom Nuklir Prancis Diledakkan di Sahara Aljazair

Senin, 30 Januari 2023 - 16:09 WIB
loading...
A A A
Ledakan di Sahara

Pada 13 Februari 1960, Prancis melakukan uji coba bom nuklir pertamanya di Reggane, sebuah kota oasis di selatan Aljazair.

Perang untuk kemerdekaan negara Afrika Utara telah berlangsung sejak 1954 dan Presiden Prancis Charles de Gaulle sangat ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Prancis berada di puncak kekuatan militer.

Untuk itu, bom nuklir pertama Prancis, yang dinamai Gerboise Bleue—diambil dari bendera tiga warna biru dan hewan gurun kecil di Sahara—diledakkan di gurun Sahara Aljazair. Itu melepaskan lebih dari empat kali jumlah energi seperti bom AS yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.

Beberapa bulan kemudian, saat pemimpin Soviet Nikita Khrushchev berada di Prancis untuk kunjungan resmi, bom nuklir kedua Prancis diledakkan di Sahara.

Antara 1960 hingga 1966, empat tahun setelah Aljazair merdeka, Prancis meledakkan 17 bom nuklir di Sahara, termasuk empat di atmosfer dekat Reggane. Para saksi uji coba bom menggambarkannya sebagai hal paling brutal yang pernah mereka lihat dalam hidup mereka.

"Empat ledakan bawah tanah di Sahara Aljazair tidak sepenuhnya dibendung atau dibatasi," bunyi laporan parlemen Prancis.

Yang paling terkenal adalah insiden Beryl, di mana sembilan tentara dan sejumlah penduduk desa Tuareg sangat terkontaminasi oleh radioaktivitas.

Dampak program uji coba bom nuklir Prancis di Aljazair bersifat langsung dan terus berlangsung.

Menyusul ledakan pertama pada tahun 1960, kejatuhan radioaktif mendarat di Ghana yang baru merdeka dan di Nigeria, yang pada hari-hari terakhirnya sebagai koloni Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)