Bikin Iri, 4 Negara Ini Berhasil Kembangkan Rudal Anti-Satelit

Senin, 13 Juli 2020 - 09:30 WIB
Rusia melakukan uji coba ke enam pada 26 Maret 2018 dari Plesetsk Cosmodrome. Rudal diluncurkan dari sebuah alat pengangkut yang bisa melakukan peluncuran secara vertikal. (LIhat grafis: 8 Negara yang Memiliki Kekuatan Tank Terbesar di Dunia)

Sistem ini pertama kali diuji coba pada akhir 2015 menggunakan teknologi interseptor kinetik. Basisnya adalah rudal darat ke udara S-500/55R6M dan rudal anti-balistik A-235.

3. China



Ilmuwan militer China menguasai teknologi ini pada 11 Januari 2007. Yang menjadi sasaran adalah satelit cuaca dengan orbit kutub yaitu FY-1C pada ketinggian 865 kilometer. (Baca juga: Tahun Depan, China Akan Mulai Bangun Stasiun Luar Angkasa)

Satelit ditembak menggunakan rudal dari arah berlawanan dengan kecepatan 8 kilometer per detik. Pemerintah China mengumumkan keberhasilan uji coba ini sekitar sepekan setelahnya.

4. India



Pada Maret 2019 Ilmuwan militer India berhasil meluncurkan rudal dalam Misi Shakti menyasar sebuah satelit yang mengorbit di ketinggian 300 kilometer atau low eath orbit. India menjadi negara keempat yang berhasil mengembangkan rudal presisi untuk menembak jatuh satelit setelah Amerika Serikat, Rusia, dan Cina. (Baca juga: India Sukses Uji Tembak Rudal K-4 Berkemampuan Nuklir)
(poe)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More