5 Warisan Dunia UNESCO Semarakkan Malam Budaya Indonesia di Argentina

Sabtu, 24 September 2022 - 22:37 WIB


Foto/KBRI Buenos Aires

Akan tetapi, yang menjadi suguhan utama di malam itu adalah orkestra gamelan yang dibawakan oleh Sang Bagaskara.

Sang Bagaskara adalah kelompok gamelan yang beranggotakan musisi muda Argentina dan secara rutin menampilkan pertunjukan gamelan di Argentina. Mereka memainkan sejumlah lagu Jawa klasik seperti Kinanti Padang Bulan, Ketawang Puspawama, Gending Talu, dan Bendrong.

Sebagai sahabat Indonesia, Sang Bagaskara turut mempromosikan seni budaya Indonesia ke masyarakat setempat. Mereka sudah mendalami gamelan selama lebih dari satu dekade, sehingga mereka kerap kali diundang untuk mengisi pentas seni, seperti Centro Cultural Kirchner yang merupakan pusat budaya terbesar di Amerika Latin dan Plaza PBB di Buenos Aires.

Tarian Nusantara

Pada "Malam Budaya Indonesia", penonton juga dihibur dengan tarian nusantara lainnya, seperti Panji Semirang (Bali), Cenderawasih (Bali), Jaipongan (Jawa Barat), Merak (Jawa Barat), dan menjadi penutup, Tari Bambangan Cakil (Jawa Tengah).

Tari Bambangan Cakil membius penonton dengan kisah pertikaian seorang ksatria (Bambangan) dengan raksasa (Cakil) dalam epos Mahabharata. Penonton terhenyak saat di adegan akhir, Cakil ditusuk Bambangan dengan kerisnya sendiri, melambangkan kejahatan tak akan pernah melawan kebaikan.

Tim kesenian binaan KBRI Buenos Aires yang bernama Caraka Budaya menjadi penampil utama di malam itu. Caraka Budaya terdiri dari grup gamelan Sang Bagaskara, grup angklung Damai, sanggar Saman Buenos Aires, sanggar tari Saraswati serta diaspora Indonesia dan keluarga besar KBRI.

Selain itu ada pula Vanessa Moreira, salah satu warga Argentina yang pernah mendapat Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI). Seluruhnya dibesut oleh pembina seni budaya kedutaan, Sisjugo T. Siswojo, yang juga merupakan suami Dubes RI Buenos Aires, Niniek Kun Naryatie.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More