3 Fakta Demo di Argentina yang Jadi Perhatian, Gara-gara Pengesahan RUU Reformasi

Sabtu, 15 Juni 2024 - 12:15 WIB
loading...
3 Fakta Demo di Argentina yang Jadi Perhatian, Gara-gara Pengesahan RUU Reformasi
Seorang demonstran memberi isyarat saat menghadiri protes di dekat Kongres Nasional, pada hari Senator memperdebatkan rancangan undang-undang reformasi ekonomi Presiden Argentina Javier Milei, yang dikenal sebagai RUU omnibus, di Buenos Aires, Argentina
A A A
BUENOS AIRES - Demo di Argentina baru-baru ini menarik perhatian dunia internasional. Kabarnya, protes besar-besaran itu muncul akibat pengesahan rancangan undang-undang (RUU) reformasi yang dibawa Presiden Javier Milei.

Aksi demonstrasi berskala besar ini terjadi pada Rabu (12/6/2024). Tercatat, hadir ribuan pengunjuk rasa yang turun di jalan-jalan Argentina.

Lantas, apa sebenarnya yang terjadi dalam demonstrasi besar-besaran di Argentina tempo hari? Berikut ini sederet faktanya yang bisa disimak.

Fakta Demo di Argentina

1. Penyebab Demo


Aksi protes dilakukan para warga Argentina menyusul keputusan Kongres menyetujui paket RUU reformasi yang dibawa Presiden Javier Milei. Paket kebijakan tersebut dianggap kontroversial.

Mengutip Al Jazeera, Sabtu (15/6/2024), sebelumnya Majelis Tinggi Argentina mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) yang menjadi kunci reformasi Presiden Milei. Para senator memberi suara 37 mendukung dan 36 menolak setelah mengarungi perdebatan panjang.

Singkatnya, RUU ini merupakan inti dari rencana Milei untuk merombak perekonomian Argentina yang memang sedang dilanda krisis.

Namun, beberapa langkahnya yang sudah ditetapkan seperti memotong subsidi dan memecat ribuan pegawai sektor publik justru berdampak memperdalam resesi, meningkatkan kemiskinan hingga menyebabkan inflasi tahunan melonjak 300%.

Setelah resmi disahkan, kebijakan lain yang akan dilakukan dalam paket reformasi Milei ini di antaranya mengurangi akses tunjangan pensiun warga sampai melemahkan perlindungan terhadap tenaga kerja. Selain itu, ada juga kebijakan yang mencakup insentif pajak, bea cukai dan devisa.

2. Diorganisir Kekuatan Sayap Kiri


Demonstrasi berlangsung di dekat kongres nasional negara sebagai tanggapan terhadap usulan reformasi yang diajukan Presiden Argentina Javier Milei. Mengutip Sputnik, aksi protes ini diorganisir oleh kekuatan sayap kiri dan serikat pekerja.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)
pixels