3 Negara dengan Populasi Yahudi Terbesar tapi Bukan Sekutu Israel

Rabu, 03 Juli 2024 - 20:14 WIB
loading...
3 Negara dengan Populasi Yahudi Terbesar tapi Bukan Sekutu Israel
Presiden Argentina Javier Milei yang merupakan keturunan Yahudi. Argentina menjadi salah satu negara dengan populasi Yahudi besar tapi bukan sekutu Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga negara dengan populasi Yahudi terbesar, namun mereka memilih untuk tidak bersekutu dengan Israel.

Pada umumnya, negara yang banyak menampung komunitas Yahudi adalah negara Barat dan jadi sekutu Tel Aviv.

Menurut data Statista pada tahun 2022, negara dengan populasi Yahudi terbesar adalah Amerika Serikat dengan 7,3 juta jiwa dan Israel dengan 7,18 juta jiwa.

Setelah itu ada Prancis yang 440.000 lebih penduduknya adalah Yahudi. Kemudian, Kanada dengan 390.000 penduduk Yahudi.



3 Negara dengan Populasi Yahudi Terbesar tapi Bukan Sekutu Israel

1. Argentina


Dalam survei Statista tahun 2022, Argentina menempati posisi ke-6 sebagai negara dengan populasi Yahudi terbesar. Terdapat sekitar 170.000 penduduk Argentina yang memeluk ajaran Yahudi, sedangkan di peringkat lima ada Inggris yang memiliki 290 penduduk Yahudi.

Jika dilihat dari hubungan diplomatiknya, Argentina memang tidak saling bermusuhan dengan Israel. Bahkan negara Amerika Selatan ini langsung menjalin hubungan diplomatik pada 1949 tepat setelah negara Israel berdiri tahun 1948.

Kendati demikian, Argentina bukanlah jadi salah satu sekutu dekat Israel layaknya Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya. Sebagai negara berkembang Negeri Tango tersebut memang tidak memberi banyak bantuan pada Tel Aviv.

Hubungan kedua negara sempat terjalin ketika Israel menjual senjata ke Argentina sebelum dan selama Perang Falklands pada tahun 1982. Namun, setelah itu, hubungan kedua negara sudah saling tak menimbulkan keuntungan satu sama lain.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)
pixels