10 Komandan Militer Terburuk dengan Kekalahan Memalukan

Senin, 21 September 2020 - 06:30 WIB
6. Rodolfo Graziani



Rodolfo Graziani adalah seorang perwira militer Italia terkemuka di Regio Esercito ("Tentara Kerajaan") di Kerajaan Italia, terutama terkenal karena kampanyenya di Afrika sebelum dan selama Perang Dunia II. Seorang fasis berdedikasi, dia adalah tokoh kunci dalam militer Italia pada masa pemerintahan Victor Emmanuel III.

Graziani memainkan peran penting dalam konsolidasi dan perluasan kerajaan Italia selama 1920-an dan 1930-an, pertama di Libya dan kemudian di Ethiopia. Tak lama setelah Italia memasuki Perang Dunia II, ia kembali ke Libya sebagai komandan pasukan di Italia Afrika Utara tetapi mengundurkan diri setelah serangan Inggris (1940-41) mengalahkan pasukannya. (Baca juga:

Enheduanna: Putri Raja, Pendeta, dan Penyair Perempuan Pertama di Dunia)

Graziani tidak pernah dituntut oleh Komisi Kejahatan Perang PBB; padahal ia termasuk dalam daftar orang Italia yang memenuhi syarat untuk dituntut atas kejahatan perang, tetapi Italia dan Inggris menentang upaya Ethiopia pasca perang untuk membawanya ke pengadilan. Pada 1948, pengadilan Italia menghukumnya 19 tahun penjara karena bekerja sama dengan Nazi.

7. George B. McClellan



McClellan adalah seorang jenderal tentara pihak Utara selama Perang Saudara Amerika Serikat. Dalam Kampanye Peninsula (4 April - 1 Juli 1862), McClellan memperoleh banyak kemenangan dan sebenarnya tidak pernah menderita kekalahan.

Dia hanya terlalu berhati-hati karena memperoleh informasi yang salah tentang jumlah pasukan lawan. Akibatnya Jenderal Robert Lee dari pihak Selatan berhasil memukul mundur pasukannya dalam Pertempuran Tujuh Hari. McClellan kemudian ditarik ke Washington dan memimpin pasukan mempertahankan ibu kota. (Baca juga: Sejarawan Ungkap Penanganan COVID-19 Sama dengan Flu Spanyol Pada 1918)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More