Ini Kisah CIA, Navy Seal, dan Uang Tunai USD15 Juta dalam Upaya Pembunuhan Nicolas Maduro

Senin, 14 Oktober 2024 - 11:46 WIB

4. Menjadikan Tahanan AS Jadi Pion

Tampaknya Maduro melihat warga Amerika yang baru ditahan sebagai pion yang akan digunakan dalam negosiasi tersebut, dengan tujuan untuk meredakan kritik AS terhadap pemilu tersebut, dan sebagai daya ungkit dalam negosiasi sanksi apa pun.

Ini adalah pendekatan yang mengirimkan pesan yang diperhitungkan kepada Presiden AS Joe Biden, yang pemerintahannya telah memprioritaskan pembebasan warga negara AS yang ditahan secara tidak adil di luar negeri – setelah mencapai kesepakatan serupa dengan Presiden Rusia Vladimir Putin atas pembebasan bintang WNBA Brittney Griner dan jurnalis Wall Street Journal Evan Gershkovich.

Namun, selain Biden, penahanan tersebut juga merupakan pesan kepada Panglima Tertinggi yang baru, baik itu Kamala Harris atau Donald Trump.

Sejak pemungutan suara yang disengketakan di Venezuela, Departemen Luar Negeri hanya melakukan tindakan minimal terhadap negara tersebut, dengan menjatuhkan sanksi pribadi kepada 16 orang dan meminta Venezuela untuk merilis surat suara lengkap untuk mengklarifikasi hasilnya.

Meskipun AS telah menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap ekspor minyak Venezuela selama bertahun-tahun, otorisasi khusus yang mengizinkan perusahaan minyak Chevron untuk beroperasi di negara tersebut masih berlaku meskipun ada protes internasional musim panas ini.

Siapa pun yang memenangkan pemilihan AS pada bulan November akan menghadapi nasib para tahanan yang membebani mereka ketika mereka dihadapkan pada keputusan apakah akan melanjutkan pendekatan minimal itu atau memperketat aturan.

Dan mereka dapat melupakan harapan bahwa nasib para tahanan dapat diserahkan kepada pengadilan.

"Anda bahkan tidak dapat berbicara tentang persidangan, sejujurnya," kata seorang pengacara yang mewakili warga negara AS yang ditahan secara salah di Venezuela di masa lalu. “Dalam kebanyakan kasus, tidak ada berkas berisi tuduhan yang diajukan terhadap klien Anda, Anda tidak memiliki akses ke investigasi, tidak ada saksi, dan Anda tidak dapat mengajukan bukti baru, semua proses itu terjadi di pengadilan, tetapi itu semua lelucon.”

“Ini membuat frustrasi, pada dasarnya Anda pergi ke pengadilan, dan Anda tahu tidak ada yang diputuskan di sana yang akan membuat perbedaan bagi klien Anda,” kata pengacara lain, yang kliennya dibebaskan setelah menghabiskan lebih dari dua tahun di penjara tanpa dijatuhi hukuman.

5. AS Terjebak dalam Permainan Maduro

Bahkan bagi mereka yang yakin bahwa Maduro telah mengarang rencana untuk mendapatkan pengaruh di AS, masih ada satu misteri yang tersisa: tujuan akhir yang diinginkannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More