Ini Kisah CIA, Navy Seal, dan Uang Tunai USD15 Juta dalam Upaya Pembunuhan Nicolas Maduro

Senin, 14 Oktober 2024 - 11:46 WIB
"Saya pikir ini lebih merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab daripada keterlibatan nyata dari pemerintah AS, karena semua orang tahu bahwa menyingkirkan Maduro dengan paksa hanya akan meningkatkan konflik di sekitar Venezuela," kata seorang sumber pemerintah yang, seperti orang lain yang dimintai pendapatnya untuk artikel ini, meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sifat rahasia topik tersebut.

3. Ada Hadiah Senilai USD15 Juta

"Tetapi Anda tidak dapat meremehkan daya tarik hadiah (USD15 juta dari Departemen Kehakiman) terutama untuk petualang gila, atau apakah Anda benar-benar percaya bahwa seorang Navy Seal yang bertugas aktif melakukan perjalanan ke Venezuela untuk romansa musim panas?" kata sumber tersebut.

Satu skenario yang tampaknya tidak dipertimbangkan dalam koridor kekuasaan Caracas adalah apakah sebuah rencana dapat berasal dari dalam negeri.

Hal itu mungkin terdengar mengejutkan, mengingat Maduro telah mengasingkan sebagian besar penduduk dengan 'kemenangan' pemilihannya dan tindakan keras berikutnya terhadap oposisi. Ia juga mungkin telah mengasingkan sebagian orang dalam pemerintahannya sendiri dengan kebiasaannya memotong dan mengganti personel kunci sesuka hati.

Namun, meskipun bukan tidak mungkin untuk membayangkan mantan pendukung Chavez berencana untuk menjatuhkan Maduro, penjelasan yang lebih masuk akal mungkin adalah bahwa pemimpin Venezuela itu telah mengarang seluruh cerita untuk pengaruh politik terhadap musuh lamanya, AS.

Jika demikian, menurut Maduro apa yang akan ia peroleh?

Taktik negosiasi?

Jawaban yang jelas mengarah kembali ke pemilihan umum. Pada bulan Oktober tahun lalu, sebelum dirilisnya "Fat Leonard" dan kawan-kawan, Maduro telah berjanji kepada AS bahwa pemilihan umum Venezuela akan bebas dan adil. Dan baru enam bulan yang lalu, komunitas ekonomi di Caracas berharap setidaknya akan cukup adil bagi AS untuk mencabut sanksi minyak yang tersisa dan membawa Venezuela kembali ke dalam pangkuan demokrasi dunia.

Lelucon pemilu berikutnya, dan pengabaian Maduro terhadap komitmennya untuk memulihkan demokrasi, menghancurkan harapan-harapan tersebut dan memperjelas bahwa setiap langkah lebih lanjut menuju rekonsiliasi harus dinegosiasikan dengan susah payah oleh para diplomat.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More