Ini Kisah CIA, Navy Seal, dan Uang Tunai USD15 Juta dalam Upaya Pembunuhan Nicolas Maduro

Senin, 14 Oktober 2024 - 11:46 WIB
Dalam negosiasi sebelumnya mengenai pertukaran tahanan, Maduro berhasil membebaskan tersangka pengatur keuangannya, Alex Saab, dan dua keponakan istrinya yang menjalani hukuman karena mencoba menyelundupkan 800 kilogram kokain ke Amerika Serikat.

Ia juga berhasil mengamankan pencabutan beberapa sanksi minyak yang dijatuhkan AS terhadap Caracas dalam beberapa tahun terakhir.

Kali ini, tanpa ada satu pun rekan dekatnya yang berada di tangan AS, tidak jelas apa yang bisa diminta Maduro di meja perundingan selain legitimasi dan pencabutan sanksi lebih lanjut.

Demikian pula, tidak jelas bagaimana pemerintahan AS yang baru akan menerima gagasan untuk menyerah kepada – dan terlihat menyerah kepada – seorang penindas otoriter.

Negosiasi penyanderaan adalah topik yang canggung bagi pemerintah mana pun, tidak ada yang lebih canggung daripada Amerika Serikat, yang di masa lalu telah menolak untuk terlibat dengan para penculik.

Di sisi lain, AS dapat memutuskan kebebasan warganya sepadan dengan konsesi terbatas apa pun yang dicari Maduro.

Seperti yang dikatakan salah satu orang yang terlibat dalam negosiasi tahun lalu: "Masyarakat bebas memutuskan bahwa tidak ada orang yang tidak bersalah yang boleh dipenjara. Ketika Anda menerima bahwa seorang penjahat bebas berkeliaran tetapi tidak ada tahanan yang tidak bersalah, itulah kebebasan yang sesungguhnya."
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More