5 Fakta AKP, Partai Keadilan Pengusung Erdogan

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:56 WIB
Partai yang didirikan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan itu memiliki ideologi nasionalisme dan Pan-Islamisme atau kebangkitan Islam dan mendominasi perpolitikan Turki sejak dua dekade terakhir.

Kenaikan popularitas AKP pada awal tahun 2000-an juga menyebabkan kebangkitan politik Islam di negara tersebut. Banyak warga Muslim tetap setia kepada Erdogan karena menjadikan agama sebagai bagian yang lebih besar dari politik dan masyarakat Turki. Pada saat yang sama, itu mengasingkan bagian masyarakat yang lebih progresif dan orang-orang sekuler yang ingin menjauhkan agama dari politik.

“Erdogan telah menjauhkan banyak kelompok dari sekularis hingga nasionalis Kurdi hingga liberal hingga sosial demokrat hingga kiri,” kata Soner Cagaptay, Direktur Turkish Research Program di Washington Institute, dilansir NPR. Itu karena AKP memang memprioritaskan warga muslim. "Bila Anda menjumlahkannya, jumlahnya sekitar setengah dari populasi Turki."



3. Pandai Memanfaatkan Momentum



Foto/Reuters

Pakar politik politik Ali Carkoglu mengatakan AKP dan Erdogan memiliki momentum di belakangnya pada pemilu kali ini. “Erdogan mempertahankan basis dukungannya di jantung Anatolia; meskipun dia kehilangan beberapa dukungan di tenggara, dia masih mempertahankan provinsi Anatolia tengah. Dia juga mempertahankan tingkat dukungan yang kredibel di kota-kota besar juga,” kata Carkoglu kepada Al Jazeera.

AKP dan Erdogan juga juga sangat sukses di daerah yang dilanda gempa. "Beberapa orang menganggapnya mengejutkan, tetapi Erdogan dan AKP menyampaikan apa yang mereka harapkan darinya dan berjanji bahwa dia akan memberikan yang lebih baik setelah pemilihan," tutur Carkoglu.

Memang sungguh ironi, ketika ketika gempa bumi dan krisis ekonomi pada awal 2023 dapat menjatuhkan Erdogan, tetapi itu justru menjadi kebangkitan politik AKP dan Erdogan. Itu seperti mengingatkan publik ketika gempa bumi 1999 yang menewaskan 17.000 orang juga membantu mengangkat AKP dan melambungkan Erdogan menuju kemenangan dalam pemilihan umum 2002.

"Ini paralel yang dilakukan hampir setiap orang Turki pada hari-hari pertama setelah gempa di bulan Februari 2023," kata jurnalis dan penulis Suzy Hansen. "Dia (Erdogan) akan memperbaiki ekonomi, dan dia akan memberantas korupsi."
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More