3 Dampak Nyata Kemenangan Erdogan bagi Perang Ukraina-Rusia

Senin, 29 Mei 2023 - 10:57 WIB
loading...
3 Dampak Nyata Kemenangan Erdogan bagi Perang Ukraina-Rusia
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memiliki peran besar dalam perang Ukraina melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Peran Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam keberlangsungan perang Ukraina-Turki tidak bisa dipandang remeh. Dengan menjaga keseimbangan hubungan dengan Ukraina dan Rusia, Erdogan memainkan peranan signifikan dalam memperpanjang durasi perang dengan memasok banyak peralatan tempur.

Pada waktu kampanye pemilu presiden, Erdogan dengan sengaja memamerkan drone, tank, dan helikopter buatan Turki. Itu adalah pesan bahwa Turki kini menjadi negara militer yang kuat. Erdogan menjadi orang yang tepat mewujudkannya. Sentimen nasionalisme itu yang menjadi Erdogan memenangkan pemilu presiden Turki pada putaran kedua.

Berikut 3 dampak nyata kemenangan Erdogan pada pemilu presiden terhadap keberlangsung perang Ukraina melawan Rusia.



1. Terus Menyuplai Senjata dan Peralatan Tempur ke Ukraina

3 Dampak Nyata Kemenangan Erdogan bagi Perang Ukraina-Rusia

Foto/Reuters

Erdogan akan memanfaatkan Perang Ukraina dan Rusia menjadi keuntungan besar bagi Turki.

Erdogan membangun industri pertahanan dalam negeri dan siap memasarkannya ke Ukraina. Salah satu yang menjadi andalan adalah penjualan drone.

Melansir DW,drone buatan Turki terbukti membantu Ukraina dalam mengatasi serangan misil dan menghancurkan tank Rusia. Drone yang dibanggakan Erdogan adalah Bayraktar tipe TB2. "Bayraktar TB2 melakukan apa yang seharusnya dilakukan – menghentikan beberapa sistem anti-pesawat paling canggih dan sistem artileri serta kendaraan lapis baja canggih,” kata Selcuk Bayraktar, perancang drone Bayraktar.

Bayraktar menjelaskan , drone mereka telah menunjukkan bagaimana teknologi merevolusi peperangan modern. "Seluruh dunia sekarang (mau jadi) pelanggan," tambahnya. Drone TB2 memiliki lebar sayap 12 meter dan dapat terbang hingga 25.000 kaki sebelum menukik untuk menghancurkan tank dan artileri dengan bom yang dipandu laser.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)