Pakar Sebut Eksekusi Mati Ciptakan Kebencian Besar-besaran di Antara Warga Iran

Rabu, 11 Januari 2023 - 07:05 WIB
loading...
Pakar Sebut Eksekusi Mati Ciptakan Kebencian Besar-besaran di Antara Warga Iran
Pakar Sebut Eksekusi Mati Ciptakan Kebencian Besar-besaran di Antara Warga Iran.
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran dilaporkan menggantung sejumlah pengunjuk rasa dan memajang tubuh tak bernyawa mereka yang digantung di derek. Cara sadis ini tampaknya telah menimbulkan rasa takut yang cukup untuk membuat orang tidak turun ke jalan setelah berbulan-bulan terjadi kerusuhan anti-pemerintah.

Keberhasilan tindakan keras terhadap gejolak politik terburuk dalam beberapa tahun, kemungkinan akan memperkuat pandangan di antara penguasa garis keras Iran bahwa penindasan perbedaan pendapat adalah cara untuk mempertahankan kekuasaan.



Pencapaian itu mungkin terbukti berumur pendek, menurut analis dan pakar yang berbicara kepada Reuters. Mereka berpendapat bahwa penggunaan kekerasan negara yang mematikan hanyalah mendorong perbedaan pendapat di bawah tanah, sementara kemarahan yang mendalam dirasakan oleh rakyat Iran.

"Ini relatif berhasil karena jumlah orang di jalanan berkurang," kata Saeid Golkar dari University of Tennessee di Chattanooga, mengacu pada penumpasan dan eksekusi. "Namun, itu telah menciptakan kebencian besar-besaran di antara warga Iran," lanjutnya.

Sementara Direktur Eksekutif Kampanye Hak Asasi Manusia di Iran, Hadi Ghaemi mengatakan, fokus utama lembaga itu adalah untuk mengintimidasi penduduk agar tunduk dengan cara apa pun.



"Protes mengambil bentuk yang berbeda, tetapi belum berakhir. Orang-orang berada di penjara atau bersembunyi karena mereka bertekad untuk menemukan cara untuk terus berjuang," katanya.

Menentang kemarahan publik dan kritik internasional, Iran telah menjatuhkan puluhan hukuman mati untuk mengintimidasi warga Iran yang marah atas kematian wanita Iran-Kurdi Mahsa Amini, 22.

Kematiannya dalam tahanan Polisi Moral pada September 2022 memicu kemarahan masyarakat selama bertahun-tahun. Setidaknya empat orang telah digantung sejak demonstrasi dimulai, menurut pengadilan, termasuk dua pengunjuk rasa pada hari Sabtu karena diduga membunuh seorang anggota pasukan relawan milisi Basij.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)