Paus Fransiskus Kecam Penerapan Hukuman Mati di Iran

Selasa, 10 Januari 2023 - 02:30 WIB
loading...
Paus Fransiskus Kecam Penerapan Hukuman Mati di Iran
Paus Fransiskus Kecam Penerapan Hukuman Mati di Iran. FOTO/Reuters
A A A
ROMA - Paus Fransiskus memecah kebisuannya atas protes nasional yang mengguncang Iran . Ia mengecam penerapan hukuman mati di Iran dan tampaknya melegitimasi aksi unjuk rasa sebagai demonstrasi "menuntut penghormatan yang lebih besar terhadap martabat wanita".

Francis membuat komentar dalam pidato tahunan kepada duta besar terakreditasi untuk Vatikan, sebuah pidato kebijakan luar negeri yang menguraikan bidang-bidang perhatian terbesar untuk Tahta Suci.



Dalam sambutannya, Fransiskus mengaitkan penentangan Vatikan terhadap aborsi dengan penentangannya terhadap hukuman mati, dengan mengatakan keduanya merupakan pelanggaran terhadap hak fundamental untuk hidup.

Fransiskus telah mengubah ajaran gereja tentang hukuman mati, dengan memutuskan bahwa hukuman itu “tidak dapat diterima” dalam segala keadaan.

“Hak untuk hidup juga terancam di tempat-tempat di mana hukuman mati terus diterapkan, seperti yang terjadi akhir-akhir ini di Iran, menyusul demonstrasi baru-baru ini yang menuntut penghormatan yang lebih besar terhadap martabat perempuan,” kata Fransiskus, seperti dikutip dari AP, Senin (9/1/2023).



“Hukuman mati tidak dapat diterapkan untuk keadilan negara yang diklaim, karena itu tidak menimbulkan efek jera atau memberikan keadilan kepada para korban, tetapi hanya mengobarkan rasa haus akan balas dendam,” lanjutnya.

Komentarnya menandai pernyataan publik pertamanya tentang protes yang meletus di Iran pada pertengahan September tahun lalu atas kematian Mahsa Amini. Wanita berusia 22 tahun itu meninggal setelah ditangkap oleh polisi moralitas Iran karena diduga melanggar aturan berpakaian ketat Republik Islam.

Kaum wanita Iran telah memainkan peran utama dalam protes, dengan banyak yang secara terbuka melepas jilbab wajib, yang dikenal sebagai hijab. Sedikitnya empat orang telah dieksekusi sejak demonstrasi dimulai, setelah pengadilan cepat dan tertutup yang dikritik secara internasional.



Francis berhati-hati untuk tidak memanggil pemerintah Iran, mengingat upayanya untuk mendorong dialog dengan dunia Muslim. Francis telah menjalin hubungan yang kuat dengan imam Al-Azhar di Kairo, pusat pembelajaran Sunni.

Tetapi upayanya untuk menjalin dialog dengan dunia Syiah lebih berhati-hati, meskipun ia mengadakan pertemuan penting pada tahun 2021 dengan ulama terkemuka Syiah di Irak, Ayatollah Ali al-Sistani kelahiran Iran.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2433 seconds (0.1#10.140)