Bersenjata Rudal Zircon, Kapal Perang Rusia Ini Menuju Inggris

Rabu, 11 Januari 2023 - 00:01 WIB
loading...
A A A
"Benar-benar sah bagi Rusia untuk berlayar di perairan internasional. Kami memiliki gambaran yang baik tentang apa yang terjadi di luar pantai kami," kata Kepala Angkatan Laut Norwegia, Laksamana Trond Gimmingsrud, seperti dikutip dari Express.co.uk, Selasa (10/1/2023)

Komandan Norwegia itu berpendapat bahwa perilaku Rusia di laut terdekat secara historis "profesional", termasuk ketika kapal Rusia membayangi patroli Norwegia-Inggris di laut Barents tahun lalu.

Menanggapi keberangkatan kapal dari pelabuhan Severomorsk pada 4 Januari, Vladimir Putin mengatakan: "Hari ini kita memiliki peristiwa penting, jika bukan hal yang menonjol: kapal fregat Laksamana Gorshkov berangkat untuk misi angkatan laut jarak jauh."

“Tidak ada yang aneh di sini, ini adalah praktik umum; tapi kali ini kapal dilengkapi dengan sistem rudal hipersonik Zirkon mutakhir, yang tidak memiliki analog," imbuhnya.

"Saya tahu bahwa senjata yang begitu kuat akan memungkinkan pertahanan Rusia yang andal dari potensi ancaman eksternal dan akan membantu memastikan kepentingan nasional kita," kata Putin.

Putin memuji rudal hipersonik Zircon sebagai "senjata unik" yang tidak ada bandingannya di negara mana pun di dunia.

Dia sebelumnya mengklaim senjata itu akan memberi Rusia keuntungan strategis atas Barat karena dapat menyerang "pusat pengambilan keputusan" Barat.



Sebelum rekaman terbaru, media Rusia mengatakan tes akan dilakukan tetapi tidak menentukan kapan waktunya.

Misi tersebut akan membawa kapal melewati pantai Inggris sebagai "unjuk kekuatan" di tengah kegagalan Putin di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)