Rusia Tugaskan Kapal Perang Bersenjata Rudal Hipersonik, Putin: Senjata Tak Ada Tandingan!

Kamis, 05 Januari 2023 - 07:49 WIB
loading...
Rusia Tugaskan Kapal Perang Bersenjata Rudal Hipersonik, Putin: Senjata Tak Ada Tandingan!
Presiden Vladimir Putin puji rudal hipersonik Zircon yang dibawa kapal perang Admiral Gorshkov dalam tugas tempur. Foto/Screenshot video Al Arabiya
A A A
MOSKOW - Rusia pada hari Rabu mengirim kapal perang Admiral Gorshkov yang bersenjata rudal hipersonik Zircon untuk tugas tempur ke Samudra Atlantik dan Hindia. Presiden Vladimir Putin memuji rudal itu sebagai senjata yang tak ada tandingannya.

Dalam konferensi video dengan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Igor Krokhmal--komandan kapal perang Admiral Gorshkov—, Putin mengatakan kapal itu dipersenjatai dengan rudal jelajah hipersonik Zircon.

“Kali ini kapal dilengkapi dengan sistem rudal hipersonik terbaru—Zircon—yang tidak memiliki analog,” kata Putin, yang saat ini terlibat dalam kebuntuan dengan Barat atas perangnya di Ukraina.



"Saya ingin mendoakan kesuksesan awak kapal dalam pelayanan mereka demi kebaikan Tanah Air," ujarnya, seperti dikutip Reuters, Kamis (5/1/2023).

Shoigu mengatakan kapal perang Admiral Gorshkov akan berlayar ke Samudra Atlantik dan Samudra Hindia lalu ke Laut Mediterania.

“Kapal ini, dipersenjatai dengan Zircon, mampu memberikan serangan yang tepat dan kuat terhadap musuh di laut dan darat,” kata Shoigu.



Shoigu mengatakan rudal hipersonik Zircon dapat mengatasi sistem pertahanan rudal apa pun. Rudal tersebut, lanjut dia, mampu terbang dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara dan memiliki jangkauan lebih dari 1.000 km.

Rusia, China, dan Amerika Serikat saat ini sedang dalam perlombaan senjata hipersonik. Karena kecepatannya—di atas lima kali kecepatan suara—dan kemampuan manuvernya, senjata semacam itu dipandang sebagai cara untuk mendapatkan keunggulan atas musuh mana pun.

Target senjata hipersonik jauh lebih sulit untuk dikalkulasi daripada rudal balistik antarbenua.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)