Kecolongan Drone Korea Utara, Militer Korea Selatan Minta Maaf

Rabu, 28 Desember 2022 - 02:09 WIB
loading...
Kecolongan Drone Korea Utara, Militer Korea Selatan Minta Maaf
Militer Korea Selatan meminta maaf karena gagal menembak jatuh drone Korea Utara. Foto/Defence Talk
A A A
SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) meminta maaf karena gagal menembak jatuh drone Korea Utara (Korut) yang melintasi perbatasan untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Militer Korsel sempat mengerahkan pesawat dan helikopter tempur pada awal pekan ini, tetapi mereka gagal menembak jatuh drone Korut yang terbang pulang atau menghilang dari radar.

Ini menimbulkan pertanyaan serius tentang jaringan pertahanan udara Korea Selatan pada saat ketegangan tetap tinggi selama uji coba rudal Korea Utara tahun ini.

Pada hari Selasa, militer Korsel kembali meluncurkan jet tempur dan helikopter serang setelah melihat jalur penerbangan yang mencurigakan di area garis depan. Kantor distrik setempat bahwkan sempat mengirim pesan teks darurat yang memberi tahu penduduk tentang gelombang baru drone Korut. Tetapi militer kemudian mengatakan itu adalah sekawanan burung.



"Militer merasa menyesal karena gagal menembak jatuh drone Korea Utara dan menyebabkan kekhawatiran publik yang besar," kata Kepala Direktur Operasi di Kepala Staf Gabungan Korsel, Letnan Jenderal Kang Shin Chul, dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi seperti dikutip dari AP, Rabu (28/12/2022).

Kang mengakui Korsel tidak memiliki kapasitas untuk mendeteksi dan menyerang drone pengintai kecil dengan lebar sayap kurang dari 3 meter (9,8 kaki) meskipun memiliki aset untuk mendeteksi dan menjatuhkan drone tempur yang lebih besar.

Kang mengatakan Korsel akan membentuk unit drone dengan berbagai kapasitas dan secara agresif mengerahkan aset militer untuk menembak jatuh drone musuh.

Ini adalah pertama kalinya pesawat tak berawak atau drone Korut memasuki wilayah udara Korsel sejak 2017. Penerbangan pesawat tak berawak itu terjadi tiga hari setelah Korsel mengatakan Korut meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek, memperpanjang rekor aktivitas pengujiannya tahun ini.

Korut kerap menggembar-gemborkan program pesawat tak berawaknya, dan pejabat Korsel sebelumnya mengatakan Pyongyang memiliki sekitar 300 pesawat tak berawak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)