Kaleidoskop 2022: Perang Rusia-Ukraina Pecah, Dunia di Ambang Konflik Nuklir

Senin, 26 Desember 2022 - 12:42 WIB
loading...
Kaleidoskop 2022: Perang Rusia-Ukraina Pecah, Dunia di Ambang Konflik Nuklir
Perang Rusia di Ukraina mewarnai momen kehancuran dan maut di sepanjang tahun 2022. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Perang Rusia-Ukraina pecah 24 Februari 2022. Peristiwa tersebut mewarnai momen kehancuran dan maut sepanjang tahun ini. Yang lebih menakutkan, perang tersebut telah membuat dunia di ambang konflik nuklir antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) sebagai pembela utama Ukraina.

Awal Perang Ukraina

Pada 24 Februari, Rusia melancarkan serangan besar-besaran ke Ukraina. Presiden Vladimir Putin menolak menggunakan narasi perang atas invasinya, dan memilih menggunakan narasi "operasi militer khusus".



Rusia berdalih operasi militer khusus diperlukan untuk melindungi warga Ukraina yang berbahasa Rusia dalam tindakan keras kelompok nasionalis Ukraina. Moskow mengeklaim rezim Kiev dikuasai kelompok neo-Nazi--tuduhan yang telah dibantah oleh pemerintah Presiden Volodymyr Zelensky.

Invasi pada awalnya diluncurkan dari Belarusia ke utara, Semenanjung Crimea, dan dari wilayah Rusia sendiri di timur. Invasi diluncurkan dari darat, laut dan udara.

Perang sejak itu telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang telantar, dan menghancurkan nyaris seluruh kota di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat itu memberikan pidato nasional singkat, mengumumkan darurat militer dan mobilisasi umum.

Presiden AS Joe Biden memperluas sanksi pemblokiran penuh terhadap empat bank Rusia dan melarang ekspor teknologi AS yang sensitif, terutama di sektor penerbangan, maritim, dan pertahanan ke Rusia.

Seiring berjalannya waktu, invasi tak kunjung berakhir dan sanksi terus dijatuhkan oleh Amerika dan sekutu Barat-nya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)