Pasukan India dan China Bentrok di Perbatasan Pegunungan Arunachal Pradesh

Rabu, 14 Desember 2022 - 03:04 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan bahwa komandan militer setempat bertemu pada hari Minggu untuk membahas perselisihan tersebut, menambahkan bahwa insiden tersebut telah ditangani oleh pihak China "melalui saluran diplomatik".

Kementerian Luar Negeri China tidak memberikan penjelasan tentang insiden itu tetapi mengatakan bahwa menurut pengetahuan mereka, situasi di perbatasan dengan India "secara umum stabil".



China dan India berbagi perbatasan de facto sepanjang 3.440 km yang disengketakan - disebut Garis Kontrol Aktual atau LAC - yang tidak dibatasi dengan baik. Kehadiran sungai, danau, dan tudung salju berarti garis dapat bergeser. Para prajurit di kedua sisi - mewakili dua tentara terbesar di dunia - saling berhadapan di banyak titik.

Ketegangan terkadang meningkat menjadi pertempuran kecil. Namun kedua belah pihak telah mencoba untuk menurunkan ketegangan sejak pertempuran besar pada Juni 2020 di Lembah Galwan di wilayah Ladakh lebih jauh ke barat - di mana 20 tentara India dan setidaknya empat tentara China tewas.

Pertempuran itu - antara tongkat dengan tongkat, bukan senjata - adalah konfrontasi fatal pertama antara kedua belah pihak di daerah tersebut selama 45 tahun.

Pertarungan lainnya pada Januari 2021 membuat pasukan di kedua sisi terluka. Itu terjadi di sepanjang perbatasan antara China dan negara bagian Sikkim India, yang terjepit di antara Bhutan dan Nepal.

Pada bulan September kedua negara sepakat untuk melepaskan diri dari wilayah yang disengketakan di sepanjang wilayah perbatasan Himalaya barat yang terpencil, dengan kedua belah pihak memulai penarikan pasukan.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)