AS Dorong Militer India Lebih Menonjol di Indo-Pasifik

Senin, 31 Oktober 2022 - 21:01 WIB
loading...
AS Dorong Militer India Lebih Menonjol di Indo-Pasifik
Kapal induk pertama buatan dalam negeri India. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyeru India memainkan peran keamanan yang lebih menonjol di kawasan Indo-Pasifik. Seruan itu mengingat “tantangan” yang mungkin memerlukan “tanggapan bersama” dari kedua negara.

Seorang pejabat Pentagon mengatakan hal itu kepada kantor berita PTI dalam wawancara panjang pada Minggu (30/10/2022).

“Washington mendorong New Delhi untuk mengambil peran stabilisasi yang lebih luas dan bertindak sebagai penyedia keamanan bersih, tidak hanya di Samudra Hindia tetapi juga di kawasan Indo-Pasifik," ungkap pejabat pertahanan senior Pentagon yang identitasnya tidak diungkap.

Pejabat itu menambahkan, “Militer AS secara khusus berfokus pada meningkatkan interoperabilitas antara pasukan kedua negara melalui latihan bersama, untuk membuat mereka siap menghadapi jenis tantangan yang akan kita hadapi di masa depan, yang akan memerlukan tanggapan bersama di kedua belah pihak."



“Pentagon sangat tertarik pada kerja sama angkatan laut-ke-angkatan laut dalam hal front operasional,” papar dia.

Dia menjelaskan, “AS juga ingin memungkinkan kerja sama logistik dan operasional yang lebih besar antara angkatan laut kita.”

Pejabat itu tidak menyebutkan "tantangan" spesifik apa pun yang mungkin dihadapi India, yang mungkin memerlukan dukungan AS. Dia juga tidak menjelaskan bagaimana kedua negara dapat menanggapi “tantangan” ini.

“Area di mana AS mencari hubungan pertahanan yang lebih dekat dengan India termasuk dukungan untuk Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan jenis pengaturan multilateral lainnya, termasuk yang bahkan lebih informal,” ujar dia.

Baca juga: 40 Rudal Rusia Hujani Semua Wilayah Ukraina, Infrastruktur Penting Hancur
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)