Pasukan India dan China Bentrok di Perbatasan Pegunungan Arunachal Pradesh

Rabu, 14 Desember 2022 - 03:04 WIB
loading...
Pasukan India dan China Bentrok di Perbatasan Pegunungan Arunachal Pradesh
Pasukan India dan China bentrok di perbatasan pegunungan Arunachal Pradesh. Foto/BBC
A A A
NEW DELHI - India mengatakan pasukannya terlibat bentrokan dengan pasukan China di daerah yang disengketakan di sepanjang perbatasan. Ini menjadi gejolak pertama dalam lebih dari setahun.

Negara-negara tersebut telah bekerja untuk meredakan ketegangan sejak bentrokan besar yang menewaskan sedikitnya 24 tentara pada tahun 2020.

Namun pada Senin, tentara India mengatakan telah terjadi bentrokan di sektor Tawang di negara bagian Arunachal Pradesh pada Jumat lalu, di ujung timur India.

Kedua belah pihak terlibat dengan beberapa tentara yang menderita luka ringan. Reuters melaporkan sumber tentara India mengatakan setidaknya enam tentara India terluka.

"Kedua belah pihak segera melepaskan diri dari daerah itu," kata tentara India seperti dikutip dari BBC, Rabu (14/12/2022).



Ditambahkan bahwa komandan dari kedua belah pihak telah mengadakan pertemuan segera setelah bentrokan "untuk memulihkan perdamaian dan ketenangan".

Menteri Pertahanan India Rajnath Singh, yang berbicara kepada anggota parlemen di Parlemen pada hari Selasa, mengatakan bentrokan itu dimulai ketika pasukan China "merambah wilayah India" dan "secara sepihak mencoba mengubah status quo" di sepanjang perbatasan yang disengketakan di dekat wilayah Yangtse.

Dia mengatakan tentara India menanggapi dengan tegas dan mencegah tentara China melanggar wilayah India, dan memaksa mereka untuk kembali ke posnya.

Singh mengatakan bahwa beberapa tentara dari kedua belah pihak terluka dalam pertempuran itu, tetapi tidak ada tentara India yang terluka atau terluka parah dalam bentrokan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2279 seconds (0.1#10.140)