Jerman Tiba-tiba Prihatin dengan Rencana Beli 35 Jet Tempur Siluman F-35

Senin, 05 Desember 2022 - 10:03 WIB
loading...
A A A
Menurut surat itu, diragukan apakah pemutakhiran yang diperlukan untuk pangkalan udara Buechel, yang akan menampung jet tempur, dapat diselesaikan pada tahun 2026, ketika pengiriman pesawat F-35 akan dimulai.

"Jangka waktu saat ini sangat ambisius," bunyi surat tersebut. "Selain itu, persyaratan keamanan dari pihak AS rumit, yang dapat menyebabkan penundaan lebih lanjut dan kenaikan biaya."

Masih menurut surat itu, ada juga bahaya bahwa persetujuan untuk operasi penerbangan F-35 di Jerman tidak dapat diperoleh tepat waktu karena dokumen yang diperlukan tidak tersedia.

Artinya, lanjut surat tersebut, penerbangan hanya dapat dioperasikan dengan pembatasan.

Surat itu menunjuk pada faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan kenaikan biaya, termasuk inflasi, fluktuasi nilai tukar antara dolar dan euro, dan kenaikan biaya produksi.

Biaya pembelian jet tempur tersebut berasal dari investasi €100 miliar yang direncanakan untuk angkatan bersenjata, yang diungkapkan setelah invasi Rusia ke Ukraina dalam upaya untuk merombak militer Jerman yang kekurangan dana.

Kanselir Olaf Scholz mengatakan pekan lalu bahwa dia menginginkan kontrak untuk F-35, yang dianggap sebagai pesawat tempur paling modern di dunia, diselesaikan pada akhir tahun ini.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)